Pelanggan dan Layanan Zoho di Kawasan Asia-Pasifik Makin Bertumbuh
satuwarta.id – Komitmen Zoho untuk mengembangkan solusi yang mendukung semua bisnis telah mendorong Zoho melakukan ekspansi global bahkan di tengah semakin beratnya tantangan bisnis. Pada tahun 2022, tingkat pertumbuhan dari tahun ke tahunnya naik sebesar 38%, dan jumlah penggunanya secara global sudah melampaui angka 80 juta. Untuk memperluas pasar baru dan mendukung komunitas lokal lebih dalam lagi, Zoho juga telah membuka 59 kantor hub-and-spoke global baru di daerah pedesaan dan kota-kota kecil selama dua tahun terakhir.
Pertumbuhan pesat juga dialami di wilayah Asia Pasifik, dimana kantor-kantor utama Zoho di Asia Tenggara telah tumbuh sebesar 300% sejak tahun 2020, dan terdapat lebih dari 25.000 pelanggan yang membayar dan ratusan ribu pelanggan yang merasakan layanan gratis dari Zoho. Sementara itu,pertumbuhan pendapatan dari tahun ke tahunnya naik sebesar 37%.
Zoho Corporation sendiri baru saja menggelar Zoholics, konferensi bagi pengguna Zoho, di Singapura pada tanggal 6 September 2022 dan di Manila pada tanggal 9 September 2022. Ini adalah pertemuan secara fisik pertama bagi para pengguna di Kawasan Asia-Pasifik setelah tiga tahun absen.
Filosofi investasi dan inovasi Zoho berakar pada penelitian dan pengembangan software terpadu yang kuat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan visi bisnis organisasi mana pun. Hingga saat ini, sebanyak 55 aplikasi telah dikembangkan oleh Zoho. Jumlah tersebut meningkat dalam dua tahun, di mana dua tahun lalu hanya berjumlah 40.
“Meskipun cakupan penawaran kami terus meningkat, harga yang kami tawarkan tidak naik. Bagaimanapun juga, kami tetap berkomitmen pada keterjangkauan dengan menawarkan versi gratis dan berbayar untuk setiap produk, serta menyediakan perangkat lunak yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus bagi bisnis kecil dan menengah.” ujar pihak Zoho baru-baru ini.
Untuk ekspansi global, Zoho melakukannya melalui usaha lokalisme transnasional, yang kali pertamadiperkenalkan pada awal tahun 2020. Sejak saat itu, inisiatif tersebut telah berkembang menjadi kantor-kantor global baru, mencakup perekrutan tim lokal, menjalin kemitraan dengan organisasi lokal dan badan pemerintah guna menurunkan hambatan adopsi teknologi untuk bisnis, mengadakan kursus peningkatan keterampilan yang berhubungan dengan lembaga pendidikan, pelokalan bahasa termasuk dukungan bahasa seperti bahasa arab, dan memberi harga lokal untuk beberapa negara.
Untuk pertumbuhan regional Zoho mencatatkan kenaikan jumlah karyawan sebesar 300% di luar India sejak awal tahun 2020. Zoho juga bertujuan untuk mempekerjakan setidaknya 2.000 karyawan di bidang teknik, teknologi, dan pengembangan produk.” Khususnya bidang pengembang perangkat lunak, teknisi bidang penilaian kualitas, pengembang web, desainer, pemasar produk, penulis, teknisi untuk dukungan teknis, dan eksekutif penjualan secara global dalam beberapa tahun ke depan,”tegas mereka. tam