News Feed

Permudah Layanan Kependudukan Untuk Ibu Baru Melahirkan

satuwarta.id – Sebagai bentuk komitmen peningkatan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Dispendukcapil) menandatangani nota kesepahaman dengan RSUD Gambiran dan Rumah Sakit Umum Ratih, Jumat (29/7) di Ruang Rapat Dispendukcapil. Nota kesepahaman tersebut berisi perjanjian kerjasama pelayanan dokumen kependudukan 3 in 1.

Dengan program ini, masyarakat Kota Kediri, khususnya ibu yang melahirkan di rumah sakit yang telah bekerjasama dengan Dispendukcapil bisa langsung membawa pulang dokumen kependudukan seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak yang baru lahir.

“Program ini gratis untuk masyarakat Kota Kediri, jadi dengan program 3 in 1 nanti dokumen yang bisa langsung diserahkan untuk masyarakat saat melahirkan di rumah sakit yaitu Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak. Dispendukcapil terbuka bagi siapa saja yang ingin bekerjasama, baik itu rumah sakit umum daerah, rumah sakit swasta, klinik, bahkan mungkin ada bidan praktik yang mandiri juga bisa,” ujar Syamsul Bahri, Kepala Dispendukcapil Kota Kediri.

Sementara itu, Direktur RSUD Gambiran dr. Aditya Bagus Djatmiko mengatakan, dirinya menyambut gembira program 3 in 1 yang dicetuskan Dispendukcapil tersebut. Menurutnya, program tersebut bisa bisa menambah value bagi rumah sakit sekaligus sejalan dengan program Walikota Kediri bahwa pelayanan kepada masyarakat harus sinkron, cepat, dan tidak memakai birokrasi yang berbelit-belit.

Hal senada juga disampaikan Direktur Rumah Sakit Ratih, dr Surinto. Melalui pertemuan tersebut Ia berharap bisa memberikan manfaat kepada masyarakat terutama untuk ibu-ibu hamil dan melahirkan. “Permasalahan yang ditemui kadang masyarakat mengurus surat-surat bingung dan repot karena kehadiran buah hati. Untuk itu, saya sampaikan terima kasih untuk Pemkot Kediri yang sudah memberikan kesempatan. Mudah- mudahan bermanfaat bagi ibu-ibu yang melahirkan karena dengan pelayanan seperti ini masyarakat Kota Kediri akan merasa senang,” tandasnya.tam

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close