WISATA

Apresiasi Simulasi Wisata Karya Mahasiswa KKN UM di Kelurahan Kampung Dalem

satuwarta.id – Sebagai salah satu kampung Keren, Kelurahan Kampung Dalem, Kecamatan Kota, Kota Kediri memiliki potensi besar sebagai tujuan wisata. DIdapuk sebagai kampung kuliner, Kelurahan Kampung Dalem dikenal sebagai sentra rujak buah, jamu, sate dan es puter.

Membantu mengembangkan potensi,mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang tengah menjalani kuliah kerja nyata di Kelurahan Kampung Dalem melangsungkan simulasi wisata, untuk diperkenalkan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Kelurahan Kampung Dalem. Langkah ini, mendapat apreasiasi dari pemerintah kota Kediri, melalui jajaran Kecamatan Kota.

“Kita sambut baik. Karena dengan masukan yang ada dari generasi muda, insyallah bisa membantu. Minimal hari ini ada packaging yang bisa ditularkan ke pelaku usaha. Ini sangat berdampak positif, ini menciptakan semangat baru bagi warga. Jadi warga merasa ada yang memperhatikan dan membantu secara pikiran hingga membantu mereka berkembang lebih baik lagi,” kata Kepala Kecamatan Kota Arief Cholisudin, Selasa, (26/07/2022).

Secara geografis, Kelurahan Kampung Dalem berada di tengah kota, ada alun-alun juga. Secara magnet kunjungan lebih enak karena di tengah kota. “Masyarakat Kampung Dalem harus bisa mengambil momentum ini dan tidak minder.” kata pria yang sering disapa Mas Camat ini.

Selain pengenalan kulinernya, para mahasiswa UM ini juga membuat brosur berisi peta wisata khusus Kampung Dalem, serta melatih warga tentang etika saat menjamu para wisatawan yang datang. Para mahasiswa juga sempat mendatangkan Joko Roro-nya Kabupaten Malang untuk membantu mengenalkan kelurahan Kampung Dalem ke khalayak lebih luas. Terutama Kampung Kauman, yang terletak di sebelah Masjid Agung Kota Kediri.

“KKN kita di sini tujuannya untuk membantu program kampung keren ini. Nah untuk menarik wisatawan ke Kampung Keren, ada beberapa persiapan yang harus dipersiapkan. Salah satu percontohan simulasi. Jadi nanti simulasi percontohan ini bisa dipakai oleh warga Kampung Dalam khususnya untuk persiapan ke depannya, menunjang Kampung Kerennya, ” tukas Koordinator KKN dan Ketua Pelaksana Acara SImulasi Wahyu Nugroho.

KKN Mahasiswa UM di kelurahan Kampung Dalem berlangsung kurang lebih 45 hari, dengan beranggotakan setidaknya 10 mahasiswa. Simulasi wisata ini, menurut Kepala Kelurahan Kampung Dalem Ika Ardiyanto semua dirancang sendiri oleh para mahasiwa. Para mahasiswa ini dalam merancang semua simulasi wisata tersebut, berinteraksi dengan RT dan juga pelaku usaha yang ada di kelurahan Kampung Dalem.

“Semua kegiatan ini dilakukan murni dari mahasiswi. Memang tidak ada gading yang tidak retak. Tapi setidaknya ada sisi positif yang bisa diambil untuk mengembangkan kampung keren wisata kuliner Kampung Dalem. Kehadiran teman-teman ini sangat membantu kami. Teman ini kan orang luar, dengan persepsi orang luar serta kritik masukan tapi langsung di-follow up dengan tindak nyata seperti ini,” tegas Ika Ardiyanto. tam

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close