HUKUM & KRIMINAL

Ajak Masyarakat Pahami Keadilan Restoratif Untuk Penyalahgunaan Narkoba

satuwarta.id – Penerapan rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial merupakan implementasi keadilan restoratif pada penyalahgunaan narkoba. Mendorong masyarakat semakin paham pada keadilan restoratif, Kejaksaan Negeri Kota Kediri menggelar seminar yang mengusung tema ‘Rehabilitasi Medis dan Sosial Sebagai Wujud Keadilan Restoratif Bagi Pecandu Narkoba.’

Kegiatan dengan pembicara utama Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri Novika Muzairah Rauf, S.H, M.H, serta tiga pembicara lain yakni Jaksa Fungsional Kejari Kota Kediri Dr Maria Febriana, S.H M.Hi , Kepala IPWL-EKF Jesicha Yenny Susanty, S.H, M.H dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Kadiri Dr (Cand) Bambang Pujiono, S.H, M.H digelar di Aula B1-05 Kampus , Rabu (13/7/2022) dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke-62

Seminar diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada mahasiswa Universitas Kadiri tentang bagaimana korban penyalahgunaan narkoba atau pecandu tidak harus menjalani penahanan, namun bisa dilakukan rehabilitasi medis dan sosial jika telah memenuhi syarat dan kriteria tertentu.

“Tujuan seminar ini, memberikan kemanfaatan hukum bagi para dosen dan mahasiswa mahasiswi. Dikarenakan, Restorative Justice masih banyak yang belum tahu. Selanjutnya kita akan kerjasama dengan pihak Pemkot Kediri dalam pembuatan Balai Rehab Adhyaksa yang nantinya perkara penyalahgunaan narkotika akan direhabilitasi di Balai Rehab Adhyaksa, ” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri Novika Muzairah Rauf.

Sementara itu, Menurut Jesicha Yenny Susanty, S.H, M.H selaku Kepala IPWL-EKF Kediri penyalahgunaan narkoba adalah pelaku kriminal tanpa korban, dimana korbannya adalah yang bersangkutan sendiri sehingga, upaya yang harus ditegakkan bukan penegakan hukum tetapi penegakkan kesehatan. “Jadi ada peneggakkan hukum yang bermuara pada penjara dan ada penegakan kesehatan yang bermuara ke rehabilitasi, ” tegasnya.

Peserta seminar sendiri sangat antusias mengikuti mulai awal hingga akhir. Menyambut HBA, selain kegiatan seminar, ada juga kegiatan Bhaki Sosial donor darah, kunjungan ke purnapurna dan dilanjutkan prosesi acara puncaknya nanti jatuh pada tanggal 22 Juli 2022. (tam)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close