News Feed

Pendidikan Pramuka Diharapkan Bisa Jadi Ekstra Wajib di Setiap Sekolah

satuwarta.id – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta pendidikan pramuka dijadikan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah mengingat pentingnya kegiatan itu dalam membentuk karakter anak bangsa. Instruksi mewajibkan pendidikan pramuka sebagai ektrakurikuler itu disampaikan bupati yang akrab disapa Mas Dhito tersebut saat menghadiri musyawarah cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kediri di Gedung Bhagawanta Bhari, Selasa (12/7/2022).

“Nanti Dinas Pendidikan dimonitor lagi pendidikan pramuka di sekolah, karena Pramuka menjadi ektrakurikuler wajib,” kata Mas Dhito yang sekaligus menjadi ketua majelis pembimbing cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kediri.

Tak hanya lembaga pendidikan dibawah pembinaan Dinas Pendidikan, ektrakurikuler Pramuka juga diperuntukkan untuk lembaga pendidikan dibawah naungan Kementerian Agama. Kemudian, tak kalah penting kepada Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, dan Gugus Depan, Mas Dhito meminta untuk sungguh-sungguh menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. “Kita berharap anak-anak di Kabupaten Kediri menjadi generasi yang berkarakter dan berkepribadian sebagaimana tujuan Gerakan Pramuka,” ungkapnya.

Menindaklanjuti instruksi bupati tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Sujud Winarko yang hadir dalam kegiatan itu menyampaikan, kegiatan pramuka diakui sudah lama vakum terlebih dengan adanya pandemi. “Melihat kondisi covid-19 yang semakin membaik, kegiatan pramuka harus kita mulai digalakkan kembali,” ucapnya.

Kegiatan pramuka, lanjut dia, akan digalakkan mulai dari tingkatan penggalang, penegak atau SD sampai SMA kemudian diteruskan tingkat pandega. Diharapkan dengan digalakkannya kegiatan pramuka dapat melatih kemandirian dan membentuk karakter anak. (tam)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close