News Feed

Dorong Para Ibu Berani Deteksi Dini Kanker, Kecamatan Kota Gelar Pemeriksaan IVA – Sadanis

satuwarta.id – Deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara merupakan salah satu langkah untuk para wanita, terutama kaum ibu terhindar dari ancaman kanker berbahaya tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua TP PKK Kecamatan Kota, Kota Kediri Fiestiarta Cholisudin saat mendampingi sejumlah wanita yang mengikuti Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) di Kantor Kecamatan Kota, Kota Kediri, Senin (11/7/2022). Selain dalam rangkaian peringatan HUT Kota Kediri, kegiatan ini juga dilakukan agar masyarakat bisa mendeteksi secara dini, dan mendapat edukasi atau informasi tentang bahaya kanker serviks dan payudara.

“Pemeriksaan IVA dan Sadanis untuk masyarakat khususnya di wilayah kecamatan Kota yang mana nanti tujuannya ibu-ibu akan bisa mendeteksi penyakit kanker serviks dan kanker payudara. Karena penyakit ini adalah penyakit yang berbahaya. Jadi kegiatan ini sangat bermanfaat sekali hingga warga masyarakat bisa lebih sehat semuanya, ” tukas wanita yang akrab disapa Mbak Fiestiarta itu.

Fiestiarta Cholisudin menambahkan dengan IVA tes merupakan metode pengecekan yang paling cepat dan akurat karena hasilnya dapat langsung diketahui diharapkan para wanita di wilayah kecamatan Kota semangat mengikuti pemeriksaan.

Puluhan ibu-ibu yang antusias, memadati Kantor Kecamatan Kota untuk, Mereka yang akan melakukan pemeriksaan harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan seperti sudah menikah, tidak sedang haid / datang bulan, tidak sedang hamil, dan tidak melakukan hubungan seksual minimal 2 hari sebelum pemeriksaan. Selain itu para ibu yang hendak memeriksakan diri perlu membawa fotokopi KTP.

Berdasarkan data prevalensi kanker serviks di seluruh dunia, pada tahun 2018 diperkirakan ada 570 kasus baru dan mewakili 6,6% dari semua kanker pada wanita. Selain itu kanker serviks dan kanker payudara masih menjadi pembunuh nomor satu perempuan di Indonesia. Karena itu ditambahkan Kepala Kantor Kecamatan Kota, Arief Cholisudin pemeriksaan IVA perlu dilakukan rutin, setidaknya setiap tahun sekali.

“Karena ini merupakan langkah antisipasi atau deteksi dini kaitannya dengan adanya kanker serviks. Semakin cepat diketahui itu lebih baik. Jangan takut, lebih baik kita mencegah daripada kita mengobati. Karena sifat kankers saat sudah parah sulit untuk disembuhkan. Jadi lebih baik dicegah,” tambah Arief Cholisudin.

Hadir pula dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri Fauzan Adima, , Ketua TP PKK Kelurahan se-Kecamatan Mojoroto, perwakilan Bhayangkari, dan perwakilan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXV Kodim 0809 Kediri, dan perwakilan Fakultas Kesehatan Universitas Kadiri. (tam)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close