WISATA

Festival Jajan Pasar kota Kediri Dipadati Pengunjung

satuwarta.id – Festival Jajan Pasar 22 kota Kediri dipadati banyak pengunjung, Sabtu (25/6/2022). Dihelat di Pasar Setono Betek, festival jajan ini berhasil menyedot antusiasme masyarakat. Ribuan masyarakat berburu jajan pasar yang tersedia. Dalam festival ini melibatkan 42 tenan jajan pasar dan juga 1000 jajan pasar gratis untuk masyarakat. Berbagai jajanan tradisional tersedia dalam festival ini.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan melalui festival ini diharapkan pasar akan semakin ramai. Khusunya kuliner tradisional jajanan pasar dikenal oleh generasi muda. Sebab jajanan pasar ini tidak kalah enaknya dengan makanan lain. Bahkan rasanya pun unik dan sangat khas.

Tak hanya itu festival ini juga turut menggerakkan perekonomian Kota Kediri. “Ternyata acara ini diluar ekspektasi kita. Baru dua jam dibuka semua jajanan pasar sudah ludes. Ke depan kita akan buat yang lebih besar lagi dan kita akan undang dari luar Kota Kediri,” ungkapnya.

Wali Kota Kediri juga mendorong agar semua OPD di Pemerintah Kota Kediri menggunakan jajanan tradisional di setiap acara sebagai hidangan. Jajanan tradisional bisa dibungkus menggunakan daun ataupun besek. Sehingga lebih ramah lingkungan dan mengurangi sampah. “OPD harus membeli jajanan pasar. Seperti arahan Bapak Presiden kita harus menggunakan produk lokal. Termasuk jajanan pasar ini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu turut dikukuhkan, Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar dikukuhkan sebagai Duta Pasar Tradisional. Pengukuhan ditandai dengan pengalungan bunga melati dan pemberian bakul isi sayur oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Wanita yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Kota Kediri ini dikukuhkan sebagai Duta Pasar Tradisional berkat kiprahnya mengenalkan makanan tradisional khususnya jajan pasar.

“Dengan jabatan saya sebagai ketua di banyak organisasi ini saya akan mendorong untuk menggunakan jajanan tradisional. Ini sudah saya mulai di PKK Kota Kediri sekitar enam tahun lalu. Setiap acara PKK snacknya jajanan tradisional yang diwadahi besek. Jadi minim sampah juga,” ujanya.

Turut hadir dalam acara ini anggota DPRD Kota Kediri Ahmad Abdul Muqtadir dan Regina Nadya Suwono, Dewan Pengawas PD Pasar Edi Darmasto, Direktur PD Pasar Ihwan Yusuf, Kepala Disperdagin Kota Kediri Tanto Wijohari, perwakilan Bank Indonesia, dan tamu undangan lainnya. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close