BISNIS

Pasar Hewan Kota Kediri Segera Dibuka Kembali

satuwarta.id – Pedagang dan pemilik ternak di Kota Kediri bisa sedikit lega jelang hari raya idul adha. Setelah sempat ditutup hampir sebulan terakhir, pasar hewan Muning Kota Kediri akan segera kembali dibuka.

Sebelumnya pasar hewan ditutup pada 28 Mei – 10 Juni, kemudian berlanjut 11- 24 Juni. Direktur PD Pasar Joyoboyo, Kota Kediri Ihwan Yusuf mengungkapkan pasar hewan akan kembali dibuka pada 25 Juni nanti dengan protokol kesehatan ketat pada hewan ternak.

” Per 25 Juni ini akan kita buka namun dengan standar protokol kesehatan artinya nanti di pintu masuk akan kita jaga setiap hewan yang masuk ke sini baik itu sapi ataupun kambing akan kami periksa apabila itu ada gejala PMK maka tidak kami izinkan untuk dibawa masuk ke dalam pasar, ” tukas
Direktur PD Pasar Joyoboyo, Kota Kediri Ihwan Yusuf.

Ihwan menambahkan sebagai bentuk persiapan pembukaan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak DKPP termasuk untuk penyemprotan disinfektan kemudian juga sosialisasi kepada masyarakat kepada peternak, pada pedagang.

” Dengan protokol kesehatan yang ketat,  Masyarakat dan juga pedagang harus konsekuen kalau memang ternaknya itu sakit, ada gejala PMK maka harus legowo dibawa pulang, ” tukas Ihwan lagi.

Di kota Kediri sendiri saat ini ada 151 kasus PMK, dengan 53 ekor diantaranya sudah sembuh sedangkan sisanya 97 ekor masih dalam perawatan.  Sementara itu terkait vaksinasi sendiri, Kepala DKPP Kota Kediri M Ridwan mengungkapkan masih dalam proses pendataan dan pemetaan. Nantinya vaksinasi kemungkinan akan difokuskan pada sapi.

” PMK memang menyerang hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, unta, dan lain sebagainya. Tetapi nanti prioritas itu adalah sapi perah karena selain menghasilkan susu, juga untuk mengembalikan pasokan susu nasional,” tukas M Ridwan.by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close