BISNIS

UMKM Kab Kediri Berpotensi Ekspor, Digitalisasi Bisa Jadi Kunci ke Pasar Baru

satuwarta.id – Dekranasda punya peran penting dalam pembinaan industri kreatif, terutama seni dan kerajinan untuk pengembangan UMKM dan IKM. Dengan pembinaan yang baik, UMKM dan IKM bisa makin berkembang dan turut menyumbang lebih besar pada perekonomian.

Ketua Dekranasda Jatim menuturkan memahami pasar dan pemasaran turut menentukan langkah UMKM dan IKM kedepan.

” Jadi jaman sekarang itu pemasaran bisa dibilang relatif mudah karena sebetulnya enggak konvensional. Biasanya kebanyakan tidak tahu caranya, jadi diperlukan inkubasi, diperlukan pelatihan, untuk digitalisasi sehingga masyarakat atau para UMKM memiliki jangkauan pasar yang lebih banyak, ” tutur Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak.

Di era saat ini, ditambahkan Ketua Dekranasda Jatim saingan UMKM dan IKM bukan hanya domestik, bukan antar kelurahan atau antar kabupaten saja, tetapi juga ada internasional secara global.

Kabupaten Kediri dengan segala potensinya, menurut Ketua Dekranasda Jatim memiliki peluang untuk turut menembus pasar ekspor.

“Kita tidak hanya dimasuki barang-barang dari luar, tapi kita bisa mengekspor juga karena di sini (Kabupaten Kediri) saya lihat sekilas ini saja potensi export-nya tinggi sekali,” tuturnya lagi.by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close