BISNIS

Apresiasi UMKM kab Kediri, Berharap Nantinya Ada Galeri Dekrasnada di Bandara Baru

satuwarta.id – Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak hadir dalam pelantikan dan pengukuhan pengurus Dekranasda Kab Kediri, Rabu, (08/06/2022).

Istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak itu mengungkapkan UMKM memiliki andil besar mengantarkan Jawa Timur menjadi kekuatan ekonomi kedua di Indonesia, karena itu membina dan memfasilitasi UMKM merupakan kewajiban bersama.

Meningkatkan potensi UMKM, ditambahkan Arumi bisa dilakukan dengan menggali keunggulan setiap wilayah. Kabupaten Kediri sendiri yang dikenal sebagai wilayah pertanian, memiliki banyak inovasi UMKM. Salah satunya dari sektor cabai, yang menurut Arumi salah hasilnya menjadi favorit Wagub Emil Dardak.

” Saat itu melimpahnya jumlah cabai dan harganya cepat jatuh. Sehingga ibu-ibu kelompok tani membuat inovasi bubuk cabai dari cabai. Karena takut busuk kemudian dijadikan bubuk kemudian bisa tahan lebih lama dan menambah nilai ekonominya. Bukan hanya pengemasannya yang bagus dan higienis, tetapi rasanya itu tidak kalah dengan dijual di minimarket. pak Emil (Wagub Jatim Emil Dardak) sampai enggak mau tahu. pokoknya ini harus dicariin karena enak banget. Akhirnya saya mutar-mutar cari informasi saya tahu kalau itu asalnya dari Kabupaten Kediri, ” tutur Arumi.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak, ditemani Ketua Dekranasda Kab Kediri Eriani Annisa Hanindhito melihat serta mencicipi sejumlah produk UMKM kab Kediri.

Kedepan, Arumi juga menyebutkan dengan adanya bandara di Kabupaten Kediri dapat menambah signifikan perputaran ekonomi yang ada di kabupaten Kediri dan di Jawa Timur. ” Harapannya produk UMKM masuk bandara, di situ nanti ada galeri Dekranasda yang semua khasnya Kediri, seperti yang tadi saya lihat di sini, ” tukasnya lagi.

Jajaran pengurus baru Dekrasnada Kab Kediri masa jabatan 2021 – 2024 terdiri dari sejumlah OPD terkait, termasuk di dalamnya Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM serta Dinas Pariwisata. Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana turut mengukuhkan dan menyematkan pin kepada para pengurus yang baru.by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close