OLAHRAGA

2000 Atlet Mahasiswa Ikut Ambil Bagian Dalam PORSENASMA IV Kediri

satuwarta.id – Setelah sempat tertunda akibat pandemi, Pekan Olah Raga dan Seni Nasional Mahasiswa (PORSENASMA) akhirnya kembali digelar. Porsenasma seperti diketahui adalah ajang olahraga tiga tahunan yang diikuti seluruh perguruan tinggi se-Indonesia di bawah naungan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Terakhir kali digelar pada tahun 2017 lalu di Palembang, untuk gelaran tahun 2022, Universitas Nusantara PGRI Kediri (UNP Kediri) didapuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan PORSENASMA keempat. PORSENASMA IV bakal dihelat mulai 7 Juni hingga 11 Juni 2022.

Kurang lebih dari 2000 atlet dan 330 official dari 38 kampus PGRI dari seluruh Indonesia ikut ambil bagian di PORSENASMA IV.

” Akan ada 12 cabang olahraga, kemudian 11 tangkai seni dan 3 tangkai kimia. PORSENASMA digelar untuk memperkuat solidaritas dan soliditas mahasiswa perguruan tinggi PGRI dalam rangka mencapai Indonesia tangguh dan kita harapkan melalui kegiatan ini nanti akan muncul bibit-bibit di bidang olahraga dan di bidang seni. Tidak hanya nanti untuk berprestasi di ajang nasional tetapi juga di ajang internasional, ” ujar Rektor UNP Kediri Zainal Afandi, usai pembukaan PORSENASMA IV, Selasa, (07/06/2022).

12 cabang olah raga tersebut meliputi atletik, pencak silat, taekwondo, karate, bola voli, bulu tangkis, futsal, catur, renang, tenis meja, esport dan pentaque. Sedangkan untuk tangkai seni ada film pendek, foto berwarna, nyanyi pop, dangdut, keroncong, baca puisi, poster, cerpen, tari kreasi, paduan suara, stand-up comedy. Dan untuk tangkai ilmiah meliputi pidato bahasa Inggris, proposal TKM dan artikel ilmiah.

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd event PORSENASMA IV bukan sekedar untuk mencari juara dan kompetensi tapi juga untuk membangun kebersamaan silaturahmi, penguatan dan rasa percaya diri mahasiswa.

” Itu adalah karakter yang sangat dibutuhkan, anak-anak kita di dalam rangka hidup di masyarakat. Jadi di kampus ini di samping hal-hal yang bersifat akademik, dia juga harus kemudian sadar betul dia harus bugar sehat jiwanya. Jadi ( PORSENASMA) adalah tempat untuk saling bersilaturahmi, mengembangkan potensi diri, membangun kekuatan bersama, belajar hidup untuk kehidupan di masyarakat, ” tukasnya.

Untuk tempat pertandingan sendiri bakal mengambil tempat di sejumlah venue yang tersebar di Kota Kediri seperti GOR Jayabaya, Spekta, kolam renang Pagora, Stadion Brawijaya, GNI, Area Goa Selomangleng, gedung serbaguna di Kota Kediri dan kampus UNP Kota Kediri.

Sebagai catatan UNP Kediri merupakan runner up juara umum di dua perhelatan terakhir PORSENASMA. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close