BISNIS

Pelonggaran PPKM – Momen Lebaran Dorong Sektor Perhotelan Kediri Perlahan Bangkit

satwarta.id – Sejak beberapa waktu, seiring dengan melandainya pandemi covid-19, pemerintah mulai melonggarkan sejumlah aturan pembatasan kegiatan masyarakat. Pelonggaran ini mendorong sektor pariwisata dan perhotelan di kawasan Kediri pelan-pelan mulai bangkit setelah terpuruk selama hampir 2,5 tahun terakhir.

Momen lebaran, dimana masyarakat sudah bisa kembali mudik menjadi salah satu pendorong pulihnya sektor perhotelan. Saat Idul Fitri lalu kenaikan hunian di hotel di Kediri tercatat hingga 90 persen.

” Setelah ada pelonggaran untuk pariwisata khususnya hotel dan restoran sudah mulai peningkatan yang luar biasa. Ini menandakan bahwa pemulihan ekonomi sudah nampak gitu. Setelah 2,5 tahun kondisinya hotel dan restoran sangat terpuruk. Kenaikan sampai 70-80 persen, ” tutur Ketua PHRI Kediri Raya Sri Rahayu Titik Nuryati.

Sri mengatakan peningkatan serupa juga terjadi di daerah-daerah lain di Jawa Timur.

Diungkapkan Sri, saat pandemi masih tinggi sejumlah hotel di Kediri sempat menurunkan harga hingga 50 persen untuk menutup biaya operasional. Saat ini usai diberlakukan pelonggaran beberapa hotel ada yang masih memakai harga tersebut, tapi sekitar 40 persen hotel di kediri sudah mengembalikan harga kembali nornal.

Kedepan, Sri mengatakan, bisa lebih banyak event digelar di kawasan Kediri Raya. Tidak sekedar untuk meningkatkan okupansi hotel, tapi juga perekonomian secara keseluruhan.

Salah satunya event olahraga mahasiswa di salah satu kampus di kota Kediri, yang akan berlangsung sampai tanggal 11 nanti.

” Harapannya pandemi sudah tidak ada lagi. Kemudian perekonomian terangkat lagi. Teman-teman PHRI sendiri setelah mengalami keterpurukan 2,5 tahun berharap juga ada event-event, ” pungkas Sri.by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close