News Feed

Kaya Manfaat, Investor Eropa Impor Madu Trigona Dari Indonesia

satuwarta.id – Madu Lanceng atau madu dari lebah Trigona memiliki potensi pemanfaatan yang sangat besar. Di negara kawasan Eropa, madu lanceng asal Indonesia banyak digunakan untuk bahan baku produk kosmetik, bisa menghaluskan kulit, nutrisi kulit, dan membuat awet muda.

Banyaknya manfaat madu Lanceng itulah yang menjadi Vas Jefferson, seorang investor asal Inggris memilih Indonesia untuk sebagai salah satu negara untuk suplai madu Trigona. Sebelumnya Vas mengaku mendapatkan suplai dari sejumlah negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand dan Vietnam.

” Ini yang kami cari. Lebah Trigona, menghasilkan madu terbaik karena memiliki kandungan bee pollen tertinggi dan penghasil propolis terbesar di dunia. Madu juga cukup bagus untuk minuman kesehatan, khususnya yang memiliki penyakit gula. Jadi, madu ini sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan,”ujar Vas Jefferson.

Vas Jefferson dan Renya Margareth bekerjasama dengan PT Maha Agung Indonesia Bersama (MIB), sebagai penyedia madu Lanceng yang akan diekspor ke Eropa. Perjanjian kerjasama kedua belah pihak diresmikan di Kantor PT MIB, pada Rabu, (31/05/2022) di Denpasar, Bali.

” Pasca pandemi ini peluang eksport madu dibuka lagi dan banyak sekali permintaan madu dari eropa dalam jumlah besar. Kami juga berencana untuk menambah dan memperluas kemitraan dengan masyarakat untuk menjadi peternak lebah trigona, ” ujar Direktur PT MIB Hendra.

Sementara itu, Vass menjelaskan untuk kebutuhan madu Trigona ini pihaknya membutuhkan 10 – 20 ton tiap bulannya,

“ Tahap pertama kami akan mengimport 5-15 ton setiap bulan, lalu akan meningkat setiap bulannya sesuai kebutuhan kami, dan saya lihat PT. MIB sangat kompeten untuk berkersama penyediakan madu Trigona sesuai dengan permintaan kami ”, tutur Vas.by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close