News Feed

Peringati Harlah Pancasila, Tekankan Pentingnya Penerapan Nilai Luhur Pancasila

satuwarta.id – Pancasila merupakan salah satu alat pemersatu bangsa. Karena itu penerapan dan pemahaman nilai-nilai Pancasila harus selalu diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Momen hari lahir Pancasila diharapkan tidak hanya sekedar diperingati tapi juga dimaknai secara mendalam.

” Tidak hanya peringat tapi bagaimana masyarakat itu bisa betul-betul menghayati mendalami, mempraktikkan nilai-nilai luhur yang ada di Pancasila. Itu yang paling penting. Kalau kita lihat di medsos, ada kelompok-kelompok tertentu yang ingin mengganti dasar negara pancasila. Sehingga untuk mempertahankan, salah satunya harus masyarakat itu harus betul-betul paham dan harus bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, ” tutur Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri Murdi Hantoro, usai Doa Bersama Peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa, (31/05/2022) malam.

Doa bersama lintas agama ini turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, seluruh anggota fraksi dan seluruh pengurus anak cabang DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri.

” Dalam Pancasila juga mengakui beberapa agama. Jadi tidak hanya satu kelompok saja, tidak hanya satu suku saja, tidak
satu agama saja, tapi ada beberapa agama yang hidup di Indonesia ini. PDI Perjuangan pun juga demikian. Sebagai partai nasionalis, warga PDI Perjuangan ada yang beragama Islam, Kristen, Hindu, dan kepercayaan dan sebagainya, ” tambah Murdi Hantoro lagi.

Kedepan sendiri, pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Kediri bisa membuat program-program untuk makin meningkatka pendidikan dan wawasan kebangsaan. “Syukur-syukur ada Perda tentang pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan, ” tuturnya lagi.

Refleksi Pancasila melalui sarasehan dan diskusi yang rutin dilakukan masyarakat, juga ada baiknya diawali oleh pemerintah. Juga dikemas dengan cara yang menarik agar masyarakat bisa lebih mudah menyerap inti dari makna Pancasila.

” Misal mengadakan saresehan , diskusi atau seminar tentang pendidikan pancasila dan wawasan kebangsaan. Ini sangat penting, karena kebudayaan atau nilai-nilai luhur yang ada di Pancasila sekarang sudah mulai terkikis adanya budaya-budaya luar yang masuk. Untuk menjaga ini kita salah satunya, Pancasila harus betul-betul kita tanamkan, ” tukas Murdi Hantoro lagi.by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close