News Feed

Khirab Bhineka Harlah Pancasila Dimeriahkan Jaranan dan Barongsai

satuwarta.id – Warga kota Kediri memperingati hari lahir Pancasila dengan cara menarik.

Sebagai bentuk nasionalisme, warga Kelurahan Ngampel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri menggelar khirab Bhineka Tunggal Ika untuk memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni 2022.

Khirab Bhineka Tunggal Ika mengambil start serta finish di depan SD Ngampel 1, dengan rute di wilayah Ngampel. Khirab diikuti ratusan warga, mulai dari anak-anak, remaja dan orang tua.

Khirab dimeriahkan dengan penampilan kesenian jaranan, barongsai, serta komunitas masyarakat lain di wilayah Ngampel.  Para peserta khirab tak ketinggalan memakai pakaian adat untuk memeriahkan khirab.

Khirab juga merupakan ungkapan rasa nasionalisme warga kelurahan Ngampel di hari lahirnya Pancasila. Selain khirab ini  sebagai ajang pengenalan dini makna Pancasila kepada anak muda serta anak-anak. ” Jadi agar warga, terutama warga Ngampel tahu arti kelahiran Pancasila. Kita mengenang sekaligus menjaga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) , ” tutur Ketua Panitia Edi Martono, Rabu, (01/05/2022).

Khirab ini disambut meriah warga, yang memadati jalan sepanjang rute yang dilewati iring-iringan khirab. Warga tampak senang bisa kembali menyaksikan khirab setelah hampir dua tahun terakhir tidak ada kegiatan khirab dan sejenisnya.by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close