Lifestyle

Menu Ikan Air Tawar Jadi Andalan, Wader-Rengkik Favorit Pengunjung

satuwarta.id – Kediri kaya tempat wisata dengan kuliner menarik. Tidak hanya pecel tumpang yang legendaris, letaknya yang berada di pinggir sungai Brantas membuat Kediri juga dikenal dengan kuliner olahan ikan sungai. Banyak wisatawan luar kota yang mampir Kediri, selalu menyempatkan untuk menikmati olahan ikan air tawar.

” Banyak kuliner disini tapi yang jadi ciri khas, dan jadi favorit pengunjung adalah ikan air tawar. Seperti ikan wader, rengkik, bandeng dan nila, ” ujar Humas Bendungan Gerak Waru Turi Agus Rahmat Hidayat, Sabtu, (28/05/2022).

Agus bercerita nama Waru Turi sendiri diambil dari tugas bendungan yang membagi air untuk kawasan Waru Jayeng (Waru) dan Turi (Turi Tunggorono Papar Peterongan). Pertama berdiri di era 90an, Bendungan Gerak Waru Turi mulai era 2000an berkembang jadi salah satu tujuan wisata di Kediri. Kini setidaknya ada 30 warung, dengan menu ikan air tawar sebagai andalan.

Ikan-ikan itu sendiri ada yang dibeli dari pemancing, tapi juga ada yang mencari sendiri di Sungai Brantas.

” Biasanya favorit wader. Tapi yang paling disukai utamanya adalah ikan rengkik. Harganya memang sedikit mahal tapi kualitas daging serta rasa masakannya itu memang lebih berbeda. Juga karena mirip dengan dengan ikan lele, tapi bentuknya sendiri memang lebih besar dan biasanya yang disukai justru bagian kepala, yang punya rasa lebih enak, ” tutur Agus lagi.

Mereka yang membuka usaha kuliner di kawasan ini berasal dari sejumlah kawasan sekitar. Setiap hari menurut salah satu pemilik usaha kuliner, Nur Azizah menghabiskan 5 kg ikan air tawar. Olahan yang ditawarkan bermacam-macam, tergantung pesanan, begitu juga dengan sambel pelengkapnya.

” Biasanya digoreng biasa, lalu juga dicrispy. Ada juga yang enak dijadikan botok atau dimasak model bumbu rujak. Sambelnya sendiri kadang sambal bawang, kadang sambel mentah, ” tutur Nur. Ibu empat anak menuturkan dengan harga setiap menunya berkisar Rp 15-25 ribu, biasanya pengunjung bertambah ramai saat akhir pekan dan libur tanggal merah.

Selain wisata kuliner, Bendungan Gerak Waru Turi juga memiliki sejumlah wahana. Seperti kolam renang, sepeda air, dan area playground serta mini water boom.by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close