KESEHATAN

Sambut HUT IBI, Berikan Pelayanan KB Gratis Untuk Puluhan Akseptor

satuwarta.id – Jelang peringatan HUT IBI ke-71 sekaligus hari Bidan Nasional tanggal 24 Juni mendatang, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kota Kediri memberikan pelayanan gratis pemasangan KB.

Pelayanan ini dilangsungkan di rumah sakit DKT dengan menyasar 50 akseptor (40 Implan dan 10 IUD) di Kota Kediri. “Ke 50 akseptor tersebut berasal dari 3 wilayah kecamatan di Kota Kediri yang sebelumnya telah didata oleh masing-masing kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) di masing-masing wilayah,” terang Kepala Dinas P3AP2KB Kota Kediri Sumedi. “Sebelumnya tanggal 22,23,24 Maret kemarin kita juga telah melakukan kegiatan serupa dengan target sasaran sebanyak 100 akseptor,” imbuh Sumedi.

Program ini sebagai langkah untuk mengendalikan angka kelahiran dan mencegah stunting di Kota Kediri. Idealnya jarak kehamilan yang disarankan adalah antara 3-5 tahun. Hal ini bermanfaat untuk mengatur kehidupan rumah tangga.

“Banyak yang harus dikerjakan oleh seorang ibu, mulai dari mengurus rumah, anak dan suami, belum lagi yang berkarir. Setidaknya dengan mengatur jarak kehamilan, ibu juga punya waktu untuk dirinya sendiri,” ucap Ketua IBI Kota Kediri Darmining. “KB adalah suatu sarana untuk mengatur jarak kehamilan, dengan demikian ibu bisa berfokus untuk memberikan asupan asah, asuh, asih,” tambahnya lagi. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close