News Feed

Tingkatkan Nilai Produk Olahan Perikanan, Tambah Ilmu Mengolah Ikan

satuwarta.id – Diversifikasi olahan produk perikanan penting dilakukan guna memberi nilai tambah pada produk olahan ikan serta mendongkrak pemasaran. Kepala DKPP Kota Kediri, Mohamad Ridwan menuturkan untuk mengembangkan produk para pelaku usaha di bidang pengolahan perikanan sehingga produknya bisa lebih bervariasi sekaligus memberikan nilai tambah bagi pelaku usaha.

“Kita memiliki komitmen yang sama untuk memajukan perikanan khususnya bahwa perikanan tidak terbatas pada usaha budidayanya saja, tetapi kita arahkan juga pada pengembangan olahan pada produk perikanan karena potensinya luar biasa,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian M Ridwan, usai memberi sambutan pada kegiatan pengembangan produk bernilai tambah konsumsi atau non konsumsi di ruang pertemuan Balai Kelurahan Burengan, Selasa (24/5).

Kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini selain menggandeng Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur , juga dinas terkait untuk bersinergi membantu baik dari segi permodalan maupun perijinan.

Ridwan menambahkan, dari pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan pengetahuan akan ragam produk olahan perikanan akan bertambah dan berkembang. Sehingga membuka potensi dan peluang usaha bagi masyarakat dan berdampak pada peningkatan sektor ekonomi masyarakat dan kesejahteraan masyarakat bisa tercapai.

Kegiatan ini diikuti 30 orang peserta yang terdiri dari perwakilan tim penggerak PKK serta para pelaku usaha pengolahan hasil perikanan yang tergabung dalam Poklahsar (kelompok pengolah dan pemasaran) Kota Kediri.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini sudah banyak yang memiliki usaha seperti olahan kripik sidat, olahan tuna, olahan ikan patin. Harapannya akan ada simbiosis yang sama–sama menguntungkan antara pembudidaya perikanan dengan pelaku usaha pengolahan produk perikanan di Kota Kediri,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, M.Ridwan.by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close