News Feed

Bukan Sekedar Limbah, Rumen Sapi Punya Banyak Manfaat

satuwarta.id – Pemanfaatan rumen sapi, yang merupakan cairan dari dalam perut sapi belum banyak dilakukan. Padahal rumen sapi mengandung bahan organik yang kaya nutrisi, protein, vitamin serta mikroorganisme positif yang bisa dijadikan pupuk organik.

Salah satu rumah potong hewan yang telah memanfaatkan rumen sapi lebih lanjut, yakni RPH Kota Kediri membuktikan, pemanfaatan rumen sapi sebagai pupuk organik pada kebun yang berada di depan RPH.

“RPH Kota Kediri sudah membuktikan bahwa tanpa proses fermentasi atau perlakuan khusus dan langsung diaplikasikan, setelah beberapa hari sebagai pupuk hasilnya tanaman subur, ” tukas Kepala DKPP Kota Kediri M Ridwan.

Ridwan menuturkan selain pupuk organik, limbah rumen sapi juga bisa dimanfaatkan untuk pupuk kandang, vitamin hewan ternak, mengembalikan kesuburan tanah, serta menetralisir air kolam budidaya ikan. Tidak hanya dimanfaatkan oleh RPH sendiri, warga sekitar RPH selama ini juga banyak yang ikut memanfaatkan baik untuk lahan pertanian ataupun kebun.

“Untuk pertanian sendiri, dari banyak referensi yang kami ketahui ini manfaatnya sekali lagi luar biasa. Isi rumen sapi berbeda dengan kotoran ternak. Jadi kalau kotoran ternak itu jika dimanfaatkan sebagai pupuk butuh waktu lama dan bertahap, tapi rumen sapi ini tanpa proses fermentasi segala macam, ” tutur Ridwan lagi.

Menurut Ridwan terkait masalah kesehatan, masyarakat tak perlu khawatir rumen sapi menularkan penyakit. Karena selama ini hewan ternak yang dipotong di RPH kota Kediri selalu melewati pengecekan kesehatan, baik sebelum dan sesudah dipotong.

“Rumen sapi bisa membantu petani yang mengalami kelangkaan pupuk subsidi , sementara pupuk nonsubsidi harganya melambung tinggi. Jadi dengan uji coba ini diharapkan bisa menjadi solusi pertanian di Kota Kediri karena murah dan mudah, ” tukas Ridwan lagi. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close