News Feed

3 Komunitas Mural Serentak, Usung Pesan Pentingnya Pererat Persatuan dan Kesatuan

satuwarta.id – Menjelang tahun 2024 nanti suhu politik diprediksi bakal memanas dan berpotensi menimbulkan percikan-percikan yang bisa mengakibatkan perpecahan di masyarakat.

Mencegah kedamaian bangsa Indonesia terganggu, masyarakat perlu diingatkan akan pentingnya selalu membina persatuan dan kesatuan. Pesan itulah yang diusung sejumlah seniman mural yang pada Senin, (16/05/2022) melakukan kegiatan mural serentak.

Tiga komunitas mural yang ada di kota Kediri yakni Kediri Mural Movement, Street Art Kediri dan Suddenly beraksi di wilayah kelurahan Pakelan, Kota Kediri. Ada tiga tembok di titik tersebut yang terkena sentuhan tangan dari para seniman mural ini. Kelurahan Pakelan dipilih karena merupakan Kampung Pancasila, yang erat dengan nuansa persatuan dan kesatuan.

” Kalau yang di sini kita angkat Devide Et  Imperanya itu. Sekarang yang terjadi adalah proxy war, yang kedua adu domba itu yang sekarang terjadi termasuk di kalangan mahasiswa. Jadi perpecahan itu yang kita angkat sebenarnya. Jangan sampai Indonesia pecah, ” tukas seniman mural dari Kediri Mural Movement Dodot F Widodo Putra, Senin, (16/05/2022).

10 seniman dari tiga komunitas ikut ambil bagian mengerjakan mural tersebut. Untuk pembelian cat sendiri, para seniman mengumpulkan dana pribadi secara kolektif.

Kedepan, dengan adanya mural ini diharapkan Dodot bisa untuk mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada akan adu domba dan pentingnya selalu menjaga persatuan dan kesatuan. 

” Jangan sampai terpengaruh dengan politik adu domba yang sudah terjadi, tapi lebih baik kita mempererat persatuan dan kesatuan untuk Indonesia ini, ” tukas Dodot.

Kegiatan mural serentak ini ditambahkan Dodot juga digelar di sejumlah kota lain di Jawa Timur seperti di wilayah Madura,  Mojokerto dan Surabaya. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close