BISNIS

Sektor Ekonomi Kreatif Tumbuh 16,6 Persen

satuwarta.id – Ekonomi kreatif adalah salah satu sektor perekonomian yang menggunakan ide dan pengetahuan berkonsep kreativitas dari manusia yang berperan sebagai faktor produksi utamanya. Konsep perekonomian ini lebih mengutamakan kreativitas, ide, dan pengetahuan dari sumber daya manusianya.

Kepala Disperdagin Kota Kediri Tanto Wijohari menuturkan Pemerintah Kota Kediri terus mengembangkan ekonomi kreatif melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi pelaksana, seperti: Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Koperasi dan UMTK, Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pekerjaan Umum, serta Dinas Perumahan dan Permukiman.

Tanto mengungkapkan hasil perhitungan capaian pertumbuhan ekonomi kreatif Kota Kediri tahun 2021 mencapai 16,65 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Capaian tersebut jauh berada di atas target yang telah ditetapkan Disperdagin Kota Kediri pada RPJMD, yakni sebesar 4%. “Kita tidak boleh merasa puas dahulu, karena kita akan tetap berupaya meningkatkan hasil capaian tersebut di tahun 2022, yakin pasti bisa,” katanya.

Tahun 2020, jumlah industri kreatif di Kota Kediri (IKM fashion, kriya/kerajinan, kuliner, desain produk serta animasi, film dan video) tercatat sebanyak 1562. Sedangkan pada tahun 2021 meningkat sebesar 260 IKM menjadi 1822 IKM. Menurut Tanto, jenis ekonomi kreatif yang tumbuh dan berkembang pada tahun 2021, meliputi: 138 unit industri kuliner, 49 unit industri kriya/kerajinan, 35 unit industryi fashion, 22 unit industri film dan video, serta 16 unit industri desain produk.

Guna memantik pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Kediri, Pemkot Kediri telah menetapkan berbagai upaya, melalui penyelenggaraan event. “Salah satu event yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Kediri melalui OPD terkait adalah Pameran Local Clothing Kediri Festival (LOCK FEST). Itu merupkan festival clothing dan screenprinting terbesar di wilayah Kota Kediri yang diikuti 16 merek lokal,” ujar Tanto. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close