News Feed

Intensifkan Pengawasan, Peternak Diminta Kenali Gejala PMK

satuwarta.id – Penyakit Mulut dan Kuku yang terjadi di sejumlah wilayah di Jatim, membuat daerah lain waspada. Kota Kediri sendiri saat ini masih bebas dari PMK. Dari hasil pemeriksaan kesehatan di pasar hewan Muning, kota Kediri tidak ditemukan adanya hewan ternak yang terpapar.

” Kita temukan kondisi hewan sehat. Tidak ada tanda-tanda kuku dan mulut hewan sakit. Kedepan setiap pasaran kita akan lakukan pemantauan di sini. Kalau hari ini hewan sudah berkumpul, nanti akan kita awasi lagi,” ujar Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Drh. Pujiono, disela pemeriksaan kesehatan di Pasar Hewan Muning, (11/05/2022).

Kedepan, menurut Drh Pujiono pengawasan juga akan dilakukan ke sejumlah peternak yang ada di kota Kediri. Sebelumnya, para peternak dan rumah potong hewan diminta tetap waspada serta mengenali tanda-tanda PMK pada hewan ternak.

” Di lapangan sampai saat ini masih nihil belum ada yang menunjukkan gejala PMK. Untuk pencegahan, kita melakukan koordinasi dan edukasi ke masyarakat agar masyarakat mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan PMK itu bagaimana dan nanti segera melapor jika ada tanda-tanda tersebut,  agar bisa cepat untuk melakukan penanganan, ” tukas Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kota Kediri Ali Mansur, Senin, (09/05/2022).by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close