News Feed

Antisipasi Hepatitis Akut, Ortu dan Guru Perlu Lakukan Hal Ini

satuwarta.id – Kemunculan penyakit hepatitis akut membuat para orang tua khawatir. Di kota Kediri, menurut Kepala Dinas Kesehatan dr Fauzan Adima belum ditemukan adanya suspek penyakit tersebut.

Namun meskipun begitu bukan berarti kesiapsiagaan tidak dilakukan. Sejumlah langkah antisipasi telah dipersiapkan. Mulai dari persiapan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan sampai sosialisasi pada guru dan orang tua akan dilakukan.

” Karena rumah sakit harus siap dulu untuk menangani kalau misalnya terjadi ledakan kasus. Untuk sosialisasi, terutama guru-guru TK dan guru-guru SD dan pada orang tua siswa agar para orang tua ini tidak panik dengan adanya kasus ini, ” tutur dr Fauzan, Senin,(09/05/2022).

Untuk para guru sendiri, dr Fauzan berharap bisa mengawasi kondisi kesehatan anak didik.

” Kalau misalnya ada siswa atau siswi yang ada keluhan diare – demam, apalagi di kelopak matanya atau badannya agak kuningan. Sebaiknya diliburkan atau tidak diperbolehkan untuk masuk sekolah dulu, ” ujar dr Fauzan.

Sementara untuk orang tua, diharapkan bisa mengawasi anaknya untuk tidak bertukar alat makan, sementara menghindari kolam renang umum, dan menyiapkan makanan higienis.

” Disarankan untuk melarang anak-anaknya jajan di luar. Terutama di tempat-tempat yang kurang higienis. Karena penularan hampir dipastikan melalui pencernaan atau melalui makan dan minuman. Jadi kalau bisa dimasak sendiri yang steril, ” pungkas dr Fauzan.by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close