News Feed

Permintaan Meningkat, Harga Daging Ayam dan Sapi Naik

satuwarta.id – Memastikan tidak ada lonjakan harga komoditas pangan jelang hari raya Idul Fitri, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), secara rutin melakukan pemantauan harga bahan pokok seperti di pasar Setono Betek.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) M. Ridwan mengatakan dari hasil pantauan didapati ada kenaikan harga di beberapa komoditas pangan. Indikasi kenaikan harga komoditas daging sapi dan ayam dikarenakan adanya peningkatan permintaan pasar terhadap komoditas tersebut menjelang lebaran. Namun begitu, Ridwan memastikan stok daging sapi dan ayam di Kota Kediri sampai hari raya Idul Fitri dipastikan aman.

“Ketersediaan pangan di Kota Kediri alhamdulillah terjamin, dari indikasi fluktuasi harga juga tidak terjadi kenaikan signifikan. Kemarin kita juga sudah berkoordinasi dengan bidang peternakan di RPH (rumah potong hewan) dan dipastikan untuk daging sapi sampai hari raya stok tercukupi,” jelasnya.

Dari pantauan ditemukan, daging ayam ras mengalami kenaikan Rp 3.000 sampai Rp4.000, kini dijual Rp38.000 per kilogram. Kenaikan juga terjadi pada harga daging sapi yang biasanya dijual Rp105.000 per kilogram kini menjadi Rp125.000 per kilogram. Meskipun demikian Ridwan menyebut kenaikan harga tersebut sejauh ini masih dalam batas wajar.

“Alhamdulillah mendekati lebaran tahun ini tidak banyak bahan pangan yang mengalami kenaikan, yang lain relatif stabil bahkan kenaikan pada tahun ini mengalami penurunan dibandingkan dengan lebaran tahun sebelumnya. Hanya beberapa komoditas pangan seperti daging sapi dan ayam yang mengalami kenaikan,” terangnya

Karena dipastikan stok aman sampai hari raya, Ridwan menghimbau kepada masyarakat agar bijak dalam berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak melakukan panic buying.

“Tidak ada lonjakan yang signifikan dan stok di Kota Kediri dipastikan cukup. Yang mengalami kenaikan hanya daging dan itu bukan kebutuhan yang pokok. Kita bisa mensiasati kenaikan harga daging tersebut dengan beralih ke protein yang lain ada ayam, ikan, telur,” tandasnya.by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close