News Feed

Perkuat Persatuan, Tambah Pemahaman Bahaya Hoax

satuwarta.id – Hoax atau berita palsu menjadi salah satu ancaman terbaru bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk mempererat kolaborasi melawan bahaya hoax, DPRD kabupaten Kediri, Rabu, (27/04/2022) menggelar diskusi tematik Bersama Media Merawat Nusantara bersama awak media se-kota dan Kabupaten Kediri.

” Di Facebook, di Twitter, di IG, ini banyak berita-berita yang sifatnya hoax. Sadar atau tidak sadar kalau itu tidak kita cegah dari dini maka kasihan anak cucu kita. Kami tidak ingin Indonesia menjadi seperti Yugoslavia atau bahkan nenek moyang seperti Majapahit Sriwijaya itu hilang di peta dunia, ” ujar Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto.

Masalah suku agama, budaya, dan bahkan narkoba sering dijadikan hoax oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab, untuk memecah belah dan mengadu domba masyarakat. Karena itu perlu kesadaran dari masyarakat dan juga awak media untuk ikut serta bersama melawan hoax. Dengan bersatu melawan hoax, juga merupakan wujud persatuan dan kesatuan bangsa.

” Kita tidak ingin Indonesia karena berita hoax yang merupakan salah satu proxy war ini, ini menjadi celah mengadu domba kita untuk memecah kita dari persatuan kesatuan sehingga Indonesia ini nantinya tidak muncul di dalam peta dunia. Harapan kami kita tetap bersatu dan menjaga solidaritas agar terwujud sebuah Indonesia yang eh cinta damai, ” tambah Dodi lagi.

Hadir sebagai narasumber dalam diskusi ini Ketua PWI Kediri Bambang Iswahyudi, Ketua IJTI KORDA Kediri Roma Duwi Juliandi, AJI Kediri Novika Dian, dan pemimpin media Rofiq Huda. Dalam diskusi itu dibahas serba-serbi dan peran dunia media dalam komitmennya melawan hoax. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close