WISATA

Ibadah Jumat Agung Gereja Puhsarang Kediri, Tetap Penuh Makna Meski Digelar Sederhana

satuwarta.id – Peringatan rangkaian Paskah tahun ini masih digelar di tengah suasana pandemi. Sejumlah kegiatan masih harus dilaksanakan dalam skala lebih kecil dibanding sebelum pandemi. Meskipun begitu, kekhidmatan ibadah tetap terasa penuh makna. Hal itu terlihat dalam Ibadah Jumat Agung yang digelar di Wisma Betlehem, kawasan wisata religi Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jumat (15/04/2022) pagi.

Sekitar 200an jemaat tetap khusyuk dalam doa dan mengikuti prosesi jalan salib yang dikemas lebih sederhana. Jika tahun-tahun sebelum pandemi prosesi jalan salib dilakukan dengan berjalan mengikuti 15 stasi di dekat Gua Maria Puhsarang, tahun ini digantikan dengan video atau slide di layar lebar. Walau digelar lebih sederhana namun tidak mengurangi kekhidmatan renungan ibadat jalan salib.

“Jadi yang berbeda hanya biasanya jalan tapi yang direnungkan persis sama. Pemberhentian satu, dua, tiga, empat lima sampai dengan empat belas itu sama persis. Tidak ada yang dikurangi. Karena pandemi kita melakukan di gedung, biasanya di luar gedung” ujar Wakil Ketua Badan Pengelola Perziarahan Puhsarang (BP3) Daniel.

Jemaat yang mengikuti ibadah juga diwajibkan untuk memakai masker, melakukan pengecekan suhu badan, serta menjaga jarak. Pekan Suci Paskah bagi umat nasrani dimulai dari Minggu Palma, Kamis Putih pada 14 April, Jumat Agung pada 15 April, Malam Paskah pada 16 April dan Hari Raya Paskah pada 17 April. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close