News Feed

Wujudkan Satu Data, Bina Kelurahan Gali Data Statistik

satuwarta.id – BPS Kota Kediri melakukan pembinaan penggalian data di Kelurahan Mrican dalam rangka menghadirkan kelurahan Cinta Statistik (cantik). Kepala BPS Kota Kediri Lilik Wibawati mengatakan bahwa hal ini merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Kota Kediri kepada Pemerintah Pusat dalam menghadirkan satu data Indonesia.

Pada tahun 2021di tingkat Provinsi Jawa Timur ada 70 desa/kelurahan CANTIK dan Kota Kediri ada satu pada tahun 2021 yakni kelurahan Mojoroto. “Untuk tahun 2022 ini, Kota Kediri mengajukan ada tiga kelurahan yang kami bina untuk menjadi Kelurahan CANTIK, yakni Kelurahan Mrican, Kelurahan Ngronggo dan Kelurahan Jamsaren,” imbuhnya.

Pembinaan kelurahan CANTIK diawali dengan kunjungan dari tim BPS di Kelurahan Mrican untuk melakukan penggalian data. Sementara untuk kelurahan Ngronggo dan Jamsaren akan dilakukan setelahnya dalam minggu ini.

Lebih lanjut, pembinaan ini dilakukan dalam beberapa tahap meliputi inventarisasi data, metodologi pengumpulan data (pembuatan questionnaire dan target survey), pembinaan kepada RT dan RW, dilanjutkan dengan pengumpulan data, verifikasi data, validasi data dan penyajian data dalam bentuk grafik atau tabulasi.

“Pada tahap ini kami menggali data-data di 3 kelurahan tersebut terkait apa saja yang dibutuhkan oleh kelurahan. Sebelum kami melakukan pembinaan lebih lanjut terkait pembuatan questionnaire, cara menggali data, bagaimana pengolahannya hingga menganalisis dan menyajikan data tersebut sesuai kaidah statistik,” jelasnya.

Lebih lanjut, Lilik mengatakan pembinaan ini akan dilakukan secara berkala setiap bulannya, mengikuti kebutuhan dari kelurahan masing-masing. “Tidak hanya ketiga kelurahan ini saja, target kami seluruh kerlurahan di Kota Kediri bisa menjadi kelurahan CANTIK, sehingga target satu data Indonesia dapat tercapai dengan maksimal,” pungkasnya.

Sementara itu, Yuli Rahmawati, lurah Mrican menyambut baik upaya BPS Kota Kediri tersebut.“Apalagi kelurahan ini bisa dikatakan sebagai ujung tombak Pemerintah Kota Kediri dalam menghadirkan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Sehingga data yang valid ini diperlukan untuk menentukan arah kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tutup Yuli. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close