KABAR DESA

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Puluhan Petani Jagung Terima 400kg Bantuan Benih

satuwarta.id – Untuk memperkuat ketahanan pangan lewat budidaya jagung, Pemerintah Desa Kanigoro, Kecamatan Kras , Kabupaten Kediri membagikan sekitar 400 kg benih jagung kepada para petani jagung setempat.

Jagung sendiri merupakan komoditas kedua setelah tebu di Desa Kanigoro, sementara padi berada di tempat ketiga yang paling banyak dibudidayakan.

Benih-benih ini dibagikan juga untuk membantu para petani di masa pandemi, terutama untuk meningkatkan taraf ekonomi petani.

” Kurang lebih sekitar 60-an petani jagung. Di  samping termasuk program pemerintah,  di Desa Kanigoro mayoritasnya adalah petani tebu. Petani tanaman pangan itu semakin hari semakin berkurang karena itu kami membuat terobosan, kebijakan ingin menumbuh kembangkan kembali masyarakat agar mau menanam tanaman pangan, ” tutur Kepala Desa Kanigoro Miskan, Sabtu, (09/10/2022).

Bantuan benih ini dibagikan ke masing-masing petani jagung di desa Kanigoro sesuai dengan kebutuhan lahan masing-masing. Para petani yang menerima bantuan diminta membawa bukti pembayaran PBB untuk mengukur kebutuhan lahan.

” Jumlah bantuan yang diberikan kepada masing-masing petani berdasarkan luas tanah yang mereka miliki dan meskipun pemerintah desa membantu tidak 100 persen, tapi yang penting merata. Ini kita alokasikan kurang lebih sekitar 75 persen dari benih yang kita butuhkan kita cukupi dari dana desa, ” tambah Miskan lagi.

Jenis benih jagung yang dibagikan sendiri adalah jenis digdaya. Benih ini menurut petani sudah terbukti lebih kuat meski terkena penyakit dan hasilnya lebih bagus. Untuk panen sendiri setiap 0,14 hektar atau 100 ru menghasilkan panen sekitar 1 ton per 4 bulan.

” Para petani sudah sempat mencoba menanam dan hasilnya memang bagus. Meski terkena penyakit tapi tidak semuanya kena, lebih toleran dan kuat. Di desa Kanigoro sendiri ada sekitar 60 puluhan rumah tangga petani yang mengusahakan jagung, ” tambah Penyuluh Pertanian Desa Kanigoro Eko Ari Cahyono. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close