News Feed

Puluhan Perusahaan Ikuti Asistensi Pengisian LKPM Online

satuwarta.id – untuk meningkatkan kepatuhan pelaku usaha atau perusahaan penanaman modal di Kota Kediri dalam membuat dan menyampaikan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Kediri menggelar workshop dan Asistensi Pengisian LKPM Online dibantu Sampai Lancar (APELIN PACAR) secara daring.

Workshop yang digelar selama 2 hari, dari tanggal 4 hingga 5 April 2022 tersebut diikuti oleh 30 perusahan yang bergerak di beberbagai bidang.

Kepala DPM-PTSP Kota Kediri, Edi Darmasto menjelaskan bahwa adanya workshop dan APELIN PACAR tersebut sesuai amanah Undang-undang Nomor 25 Tahun 2007 Pasal 15, dimana setiap perusahaan penanaman modal berkewajiban membuat laporan tentang LKPM serta menyampaikannya kepada Badan Koordinasi Penanam Modal (BKPM), DPM-PTSP Provinsi dan DPM-PTSP Kota/Kab termasuk Kota Kediri.

“Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan agar para penanam modal (pelaku usaha) di Kota Kediri dapat memahami dan mengetahui tata cara pengisian LKPM sehingga dapat mendongkrak jumlah pelaku usaha yang menyampaikan LKPM, paling tidak sesuai target kami yaitu dapat naik 50% atau 2 kali lipat bahkan lebih,”tuturnya.

Edi juga menjelaskan bahwa LKPM adalah laporan mengenai perkembangan realisasi penanaman modal dan permasalahan yang dihadapi pelaku usaha yang wajib dibuat dan disampaikan secara berkala setiap triwulan atau 3 bulan sekali. Penyampaian LKPM tersebut dilakukan secara daring melalui SPIPISE untuk setiap kegiatan usaha yang dilakukan pelaku usaha.

“Adanya penyampaian LKPM ini sebenarnya sangat penting sebagai media komunikasi antara Pemerintah dan pelaku usaha, namun hingga saat ini masih belum banyak perusahaan penanaman modal atau pelaku usaha yang menyampaikan LKPM,” ujarnya saat ditemui usai membuka Workshop di Ruang Rapat DPM-PTSP Kota Kediri, Selasa (5/4/2022).

Ia juga menuturkan dari kurang lebih 1200 pelaku usaha yang terdaftar di DPM-PTSP Kota Kediri, baru 180 perusahaan yang sudah menyampaikan LKPM di tahun 202. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close