News Feed

Jelang Ramadhan, Masyarakat Lintas Agama di Kediri Kerja Bakti Bersihkan Masjid Desa

Mempererat kerukunan antar umat beragama penting untuk memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat.

Menjelang bulan Ramadhan, sebagai salah bentuk kerukunan antar umat beragama, masyarakat lintas agama Dusun Payak, Desa Tanon, Kecamatan Papar bersama-sama membersikan masjid Baiturrohman, masjid desa setempat.

” Di Desa Tanon, sebagai salah satu Kampung Pancasila, kerukunan antar umat beragama sangat penting. Jelang bulan suci Ramadan ini, warga dari lintas agama baik beragama Hindu, Kristen, Katolik, dan umat muslim membersihkan masjid untuk persiapan salat tarawih, ” ujar Sekretaris Desa Tanon, Arif Kristianto, Jumat, (01/04/2022).

Sekitar 35 orang warga desa dari berbagai agama, dengan antusias membersihkan masjid dan lingkungannya. Kegiatan dimulai sekitar pukul 7 pagi sampai 9 pagi.

” Mulai dari membersihkan lingkungan, lantai masjid, halaman masjid, dan kaca-kaca jendela, karpet, semua untuk sarana dan prasaran solat tarawih itu semuanya dibersihkan, ” kata Arif lagi.

Sementara itu, Takmir Masjid Baiturrohman Jumadi mengatakan toleransi dan kerukunan antar umat beragama yang sudah terjalin sejak lama di Desa Tanon bisa menjadi contoh bagi desa atau wilayah lainnya.

” Toleransi beragama sudah bertahun-tahun khususnya di Desa Tanon itu ada kerja sama yang sifatnya betul-betul bisa sebagai contoh. Sebagai bentuk toleransi yang benar-benar bisa diterapkan. Kami juga bangga dengan adanya toleransi beragama yang juga ditunjang dengan Kampung Pancasila di mana desa juga berperan aktif, ” kata Jumadi lagi.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close