News Feed

HKG PKK Ke-50, Mbak Cicha Pesan Gerakan PKK Harus Perhatian Pada Pemberdayaan Keluarga

satuwarta.id – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito menyerukan supaya gerakan PKK kembali ke ruhnya. Hal itu disampaikan istri bupati yang akrab dipanggil Mbak Cicha itu pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 di Pendopo Panjalu Jayati, Selasa (29/3/2022).

“Melalui peringatan HKG PKK kali ini saya menginginkan agar gerakan PKK kembali pada ruhnya. Yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga,” kata Mbak Cicha membacakan sambutan ketua Umum Tim Penggerak PKK Tri Tito Karnavian.

Gerakan PKK harus menjadikan keluarga sebagai fokus perhatian dan pemberdayaan. Sebab, sebagai unit terkecil masyarakat, bilamana keluarga dapat diberdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, berarti gerakan PKK berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan.

Melalui tema yang diusung, 50 tahun gerakan PKK berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama diharapkan menjadi tekad untuk mendedikasikan semua pengabdian dan kiprahnya dalam ikut serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat.

“Upaya pemberdayaan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan dengan pendekatan cipta rasa dan karsa, yakni dengan hati dan niat yang tulus,” ungkapnya.

Gerakan PKK harus bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan. Momentum peringatan HKG PKK ke-50 diharapkan menjadi titik tolak untuk memompa semangat pembaharuan dengan mengembangkan daya kreasi dan kreativitas dalam pemberdayaan keluarga secara luas.

Di Kabupaten Kediri, menurut Mbak Cicha, pandemi covid-19 tak menyurutkan semangat penggerak dan kader PKK dalam menjalankan tugas pokoknya. Pihaknya pun mengajak semua penggerak dan kader PKK tetap aktif dalam kegiatan sosial dan mendedikasikan diri untuk menyejahterakan masyarakat.

“Ibu PKK di Kabupaten Kediri walaupun pandemi tapi tetap melakukan kegiatan sosial, seperti bulan timbang di Posyandu tetap berjalan, melangsungkan (program) hidup bersih,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengapresiasi kepada pengurus tim penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan se-Kabupaten Kediri atas upaya yang dilakukan selama ini untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas taraf hidup dan kehidupan keluarga yang ada di Kabupaten Kediri.

Gerakan PKK mempunyai peranan besar yang akan menunjang keberhasilan pelaksanaan program pemerintah dengan sepuluh program pokok PKK serta jangkauan pembinaan penggerak PKK sampai ke kelompok-kelompok terkecil dalam masyarakat.

“Dengan tema 50 tahun gerakan PKK, berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama merupakan sebuah momentum yang tepat untuk mengembangkan peranan sosial Tim Penggerak PKK,” kata Mas Dhito dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kediri, Sukadi.

Untuk itu, diharapkan kepengurusan PKK harus mampu menata dan siapkan diri sehingga gerakan PKK tetap eksis dan pengembangan kualitas sumber daya manusia. (Adv/by)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close