WISATA

Jaranan Kimhoa Meriahkan Pagelaran Seni Budaya Hari Jadi Kab Kediri 

Kediri – Merayakan hari jadi Kabupaten Kediri ke-1218, Bupati Hanindhito Himawan Pramana mengadakan pagelaran seni budaya di halaman Pendopo Panjalu Jayati, Sabtu (26/3/2022). Meramaikan pagelaran seni budaya, bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu menampilkan artis TikTok, Menjeng Kimhoa bersama kelompok jaranannya.

Penampilan Menjeng Kimhoa dalam pagelaran seni budaya itu, merupakan realisasi janji Mas Dhito sebagaimana yang disampaikan saat bertemu Februari 2022 lalu. Menjeng Kimhoa bersama kelompok jaranan yang diikuti pun tampil sebagai pembuka dalam pagelaran seni budaya yang disiarkan live streaming itu.

Menjeng yang dikenal karena mempopulerkan kata Masseh dengan penyebutan khasnya dalam kesempatan itu pun menyampaikan terimakasih kepada Mas Dhito karena diberi kesempatan tampil.

“Selamat hari jadi buat Kabupaten Kediri yang ke-1218, semoga semakin sukses. Terimakasih buat Mas Bupati Kediri,” ucap Menjeng.

Dalam pagelaran itu selain jaranan Rogo Samboyo Kaliboto Tarokan yang diikuti Menjeng Kimhoa juga ditampilkan enam grup kesenian seperti jaranan klasik termasuk kesenian tiban. Tampilnya Menjeng Kimhoa dalam pagelaran itu pun menjadi penyemangat bagi pelaku seni khususnya dari kalangan muda.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Adi Suwignyo menyampaikan, pagelaran seni budaya dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1218 pada tahun 2022 diadakan sejak awal Maret dan puncaknya di depan Pendopo Panjalu Jayati. Acara diadakan dengan merangkul semua pelaku seni.

“Kesenian tradisional yang sudah mulai punah seperti jaranan jawa klasik, kesenian tiban yang mulai punah kita bangkitkan. Kesenian ini tidak kalah menarik, seperti jaranan klasik ini sebagai cikal bakal dari jaranan yang sekarang kita ketahui,” tuturnya.

Sejalan dengan misi visi Bupati Hanindhito Himawan Pramana terkait pengembangan seni budaya, melalui kegiatan pagelaran seni budaya yang diadakan, diharapkan generasi muda, kaum millenial lebih mencintai seni budaya sendiri.by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close