News Feed

Sempat Teror Warga Desa di Kediri, Buaya 1,5 Meter Ditangkap

satuwarta.id – Kemunculan buaya muara kembi membuat geger wilayah Kediri. Sebelumnya beberapa waktu lalu seekor buaya muara berukuran sekitar 50 cm ditemukan di kanal sungai wilayah Dermo, Kota Kediri.

Pekan ini, seekor buaya berukuran lebih besar, dengan panjang sekitar lebih dari 1,5 meter ditemukan warga Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Buaya itu menurut warga sekitar selama 3 hari terakhir sering terlihat di sungai desa itu.

Meski tidak menyerang warga, tetap saja kemunculan buaya itu membuat warga resah. Pasalnya, sebelum ini warga tidak pernah melihat buaya di sekitar sungai.

Mencegah hal yang tidak diinginkan, warga bersama petugas BKSDA Kediri memasang perangkap untuk menangkap buaya tersebut. Rabu, (23/03/2022) malam buaya tadi akhirnya berhasil diamankan.

” Kelihatan sekitar setengah 8, langsung saya lempar tali. Ada perlawanan karena memang hewan buas. Jadi agak sulit. Waktu mau ditarik keatas, langsung saya tali mulutnya, ” ujar salah satu warga yang membantu penangkapan buaya, Agus Supriyanto, (23/03/2022)

Buaya tadi untuk sementara waktu akan dirawat di BKSDA Kediri. Sebelum nanti akan kembali dilepas ke habitat aslinya. Diduga kuat buaya tadi adalah buaya peliharaan yang dilepaskan.

” Kedepan satwa akan coba kita rawat, kita pelihara. Kalau sudah memungkinkan dilepasliarkan kita lepas tapi di habitatnya, yang layak. Sungai atau danau yang memang habitatnya alaminya. Bukan di belakang pemukiman, ” tukas Kepala Resort BKSDA Kediri Dafid Fathur Rahman. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close