WISATA

Tradisi Pladu Kembali, Pinggiran Sungai Brantas Kota Kediri Diserbu Warga Mencari Ikan

satuwarta.id – Setelah sempat beberapa kali tidak digelar, tahun ini agenda tahunan Pladu kembali dengan dibukanya bendungan Karangkates,Kabupaten Malang.

Pembukaan dam, Selasa, (22/03/2022) membuat banyak ikan mabuk terbawa aliran sungai Brantas yang melintasi Tulungagung dan Kediri. Warga kota Kediri pun menyambut antusias tradisi tersebut meskipun ikan yang terbawa arus tidak terlalu banyak.

Sejak pagi hingga sore daerah di sekitar sungai Brantas, seperti bantaran sebelah barat dan juga samping Taman Brantas, serta jembatan lama sudah dipadati warga yang menanti datangnya ikan.

Bahkan ada juga pemancing yang rela datang dari Tulungagung demi untuk mencari ikan di sungai Brantas saat Pladu. ” Dapat 8 ikan besar-besar, ikan bekel. Sejak 2018 baru ini. Buat senang-senang aja, ” tukas Andi, warga Tulungagung yang sempat berenang mengejar Ikan.

Warga berduyun-duyun datang dengan membawa “senjata” mulai dari jaring kecil, jaring tebar yang biasa digunakan untuk nelayan, jaring gayung, nampan anyaman bambu hingga menggunakan tangan kosong.

Seperti Aditya Pratama, warga Tinalan yang datang mencari ikan bersama sejumlah rekan-rekannya. ” Mau dikonsumsi sendiri. Cuma pakai tangan kosong. Ikannya lebih banyak tahun kemarin,” tukas Aditya Pratama.

Antusiasme warga sendiri turut dikawal dan dipantau pihak BPBD kota Kediri, Damkar Kota Kediri serta Polres Kota Kediri. Petugas BPBD kota Kediri yang memakai perahu motor , melalui megaphone beberapa kali mengingatkan dan menghimbau warga untuk tidak terlalu ke tengah sungai saat mencari ikan, dan selalu berhati-hati. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close