KESEHATAN

Langkah Antisipasi, Sekolah – Dinkes Kota Kediri Jalin Komunikasi Resiko Covid-19

satuwarta.id – Untuk menekan penyebaran covid-19, terutama mencegah munculnya klaster baru di lingkup sekolah selama pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT), Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kesehatan menggiatkan pelaksanaan testing dan tracing di lingkup satuan pendidikan. 

Selain itu Dinas Kesehatan melakukan komunikasi dengan satuan pendidikan yang menggelar PTMT untuk penerapan manajemen resiko jika ditemukan konfirmasi positif di lingkungan sekolah.

” Jauh hari kita sudah melakukan komunikasi dengan satuan pendidikan yang melaksanakan pembelajaran tatap muka. Jadi sudah ada komunikasi resiko apabila ada yang positif, apa yang harus dilakukan, ” tutur Kepala Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Kota Kediri Alfan Sugiyanto.

Komunikasi dilakukan Dinas Kesehatan melalui puskesmas wilayah setempat. Komunikasi resiko dirancang agar jika ada yang terkonfirmasi positif bisa cepat ditangani dan penyebaran bisa dikendalikan.

”  Contohnya MTsN 2 Kota Kediri, maka fasyankes adalah Puskesmas Ngronggo. Ini sudah terjalin MOU, jadi kalau ada yang positif maka harus melakukan komunikasi  resiko. Kita lakukan testing, tracing, dan treatment secara tepat dan cepat sehingga penularan ini bisa kita lakukan pencegahan sejak dini, ” tukas Alfan lagi.

Selasa, (28/09/2021) ada 6 sekolah yang menjadi sasaran testing acak yakni SMKN 1 Kota Kediri, MTsN 1 Kota Kediri, MTsN 2 Kota Kediri, SDN Ngronggo 3, SDN Burengan 2, SMAN 3 Kediri. Di setiap sekolah diambil sampling acak sebanyak 20 orang. bby

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close