KABAR DESA

Tambah Kesiapsiagaan, Satlinmas Dibekali Latihan SAR Laka Air

satuwarta.id – Puluhan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kelurahan Burengan, Kota Kediri, Sabtu, (19/03/2022) mengikuti pelatihan safe and rescue (SAR) di Sungai Kresek. Dalam kesempatan kali ini, 25 anggota linmas mendapatkan pembekalan kecelakaan air (Laka air) dari Tagana Kota Kediri serta Koramil Pesantren.

Kepala Kelurahan Burengan Adi Sutrisno mengungkapkan selain sebagai persiapan Kampung Pancasila, pelatihan ini juga sebagai bentuk kesiapsiagaan linmas Kelurahan Burengan jika terjadi kecelakaan air.

” Kita latih water rescue, untuk jaga-jaga jika ada korban hanyut. Misalkan ada warga yang menderita epilepsi hanyut, karena enggak bisa menolong dirinya harus ditolong orang lain, ” tukas Adi, Sabtu, (19/03/2022).

Dalam latihan linmas dibekali pengetahuan pertolongan di air kemudian cara memakai pelampung, menggunakan perahu ban, serta menggunakan perahu karet. Dengan tambahan pengetahuan ini, Linmas diharapkan juga bisa ikut mendukung perwujudan Kampung Pancasila.

” Kami mendapat amanah tahun ini untuk pembentukan Kampung Pancasila, sehingga kami gerak cepat mulai mengedukasi Linmas nanti juga mengedukasi anak-anak kecil, sebagai generasi penerus. Jangan sampai mereka lupa dengan Pancasila, ” tegas Adi lagi.

Selain pelatihan, Linmas juga melakukan kerja bakti membersihkan sekitar Sungai Kresek. Sungai ini sendiri setelah dinormalisasi PUPR tahun lalu, kondisinya sudah makin baik. Kedepan Kelurahan Burengan juga berencana memanfaatkan sungai tersebut sebagai tujuan wisata air.

” Temen-temen kerja bakti membersihkan eceng gondok dan lainnya di sekitar sungai. Sungai kresek sendiri sudah bersih dan terawat, nantinya pas untuk dijadikan wisata air. Dari Linmas juga akan mendukung keberadaan wiaata air ini, ” pungkas Adi.

Pelatihan ini sendiri bakal digelar secara rutin bersama karang taruna setempat. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close