WISATA

Jembatan Lama Kediri Dikhususkan Untuk Pejalan Kaki – Kendaraan Non Mesin

satuwarta.id – Jembatan lama Kediri atau yang nama aslinya Brug Over de Brantas te Kediri,  tahun ini tepat berusia 153 tahun.

Untuk menjaga jembatan, yang juga jembatan konstruksi besi pertama di Indonesia mulai Jumat, (18/03/2022) jembatan lama hanya boleh dilewati oleh kendaraan tanpa mesin dan juga pejalan kaki.

” Bisa dimanfaatkan oleh pejalan kaki dan kendaran tanpa mesin, seperti becak dan sepeda. Tapi saat melintas jangan melakukan pengerusakan, penempelan atribut dan vandalisme, ” tukas Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Kediri Zachrie Ahmad, Jumat, (18/03/2022).

Pesan yang sama disampaikan Zachrie Ahmad untuk para penghobi mancing yang sering memadati jembatan lama di waktu malam. Para pemancing dan mereka yang melintas di jembatan diminta untuk tidak membuang puntung rokok di atas jembatan.

Koordinator PPKD (Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah) Kota Kediri Imam Mubarok sekaligus peneliti jembatan lama kota Kediri menegaskan menjaga jembatan lama bukan hanya tugas pemerhati budaya, tapi semua lapisan baik pemerintah dan masyarakat.

” Semua wajib menjaga. Untuk pemancing, boleh, tetapi satu hal jangan membuang puntung rokok karena kadang-kadang sering lupa mereka keasikan mancing, kadang-kadang ketiduran tapi rokoknya masih menyala kemudian membakar kayu di pinggir jembatan, ” tegas Imam Mubarok. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close