News Feed

Penegasan Batas Wilayah Kelurahan Dilakukan Berjenjang, Perwali Segera Menyusul

satuwarta.id – Sejak tahun 2020 Pemerintah Kota Kediri melalui Bagian Pemerintahan telah mempersiapkan Peraturan Walikota (perwali) Kediri terkait batas wilayah setiap kelurahan.

Selama 3 tahun terakhir, Bagian Pemerintahan telah melakukan monitoring dan penegasan batas wilayah, seperti yang dilaksanakan di Ruang Kilisuci Balaikota Kediri, Jum’at (11/3).

Rakor penegasan wilayah tersebut diikuti oleh 17 kelurahan dan Kecamatan Kota, setelah di 2 tahun sebelumnya dimulai dari Kecamatan Pesantren kemudian dilanjutkan Kecamatan Mojoroto pada tahun 2021.

Menurut Kepala Bagian Pemerintahan Paulus Luhur Budi Prasetya monitoring dan penegasan batas wilayah dilakukan secara berjenjang mengingat kegiatan tersebut membutuhkan anggaran yang cukup besar.

“Jika harus dilaksanakan dalam 1 tahun anggaran akan cukup membebani APBD, maka dari itu pelaksanaan dilakukan berjenjang selama 3 tahun, “ujarnya.

Paulus mengungkapkan bahwa usai rakor penegasan di masing-masing kecamatan, Perwali tentang batas wilayah akan segera disusun.”Rencananya memang tahun ini perwali akan kita susun,” tegasnya.

Dalam melakukan monitoring penegasan batas wilayah ini Pemkot Kediri bekerjasama Giosita Trenggalek.

“Karena memang dibutuhkan kemampuan khusus untuk membaca katometrik, peta dari BIG dan menandai batas -batas wilayah, kita bekerjasama dengan pihak ketiga yang menguasai dibidangnya,” terangnya.

Adanya Perwali batas wilayah tersebut menurut Paulus nantinya akan mempermudah masyarakat dalam kepengurusan administrasi kewilayahan.

“Ketika adanya permasalahan-permasalahan terkait pertanahan ataupun kependudukan perwali ini akan mempermudah masyarakat dan petugas kelurahan setempat. Karena batas-batas wilayah telah ditetapkan dengan jelas,” ujarnya. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close