News Feed

Kelurahan Ngletih Kota Kediri Simpan Potensi Besar Budidaya Ikan

satuwarta.id – Proses budidaya ikan tidak selalu berjalan dengan mulus, terkadang menemui hambatan seperti bisa disebabkan oleh faktor ketidaktahuan, alam, ataupun kesalahan teknis.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kota Kediri menggelar workshop teknis peningkatan kapasitas pelaku usaha budidaya perikanan  di Kelurahan Ngletih, Kamis (10/3/2022).

Acara yang diselenggarakan di Balai Pertemuan RW II Kelurahan Ngletih ini dihadiri oleh 15 peserta dari kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Kelurahan Ngletih.

Dalam workshop tersebut, para peserta mendapat  pelatihan untuk mengembangkan budidaya ikan utamanya ikan berjenis lele miliknya.

” Penunjukan Pokdakan Kelurahan Ngletih untuk diberikan pelatihan ini karena potensi budidaya ikan disini sangat besar sekali,” ungkap Mohamad Ridwan, Kepala DKPP Kota Kediri, Kamis (10/3/2022).

Dalam workshop yang diadakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat ini, menghadirkan UPT Pelatihan Teknis Kelautan, Perikanan, Pesisir Dan Pulau-pulau Kecil (PTKP3) yang berada dibawah naungan dari DKP Jatim sebagai pemateri.

Kepala Seksi Pelatihan Teknis Budidaya Dan Pengolahan, UPT PTKP3, Wiwin Sumiati mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu upaya mendukung DKP Jatim untuk menyebarkan informasi mengenai teknik cara budidaya ikan air tawar terutama jenis ikan lele.

“Jadi kami ingin membantu menambah produktivitas dari para pembudidaya ikan dengan informasi, wawasan, pengetahuan yang kami miliki mengenai budidaya ikan air tawar. Karena saat terjadi pandemi, mungkin terjadi penurunan dalam penjualan. Karena itu kami hadir membantu memberikan solusi untuk para pembudidaya ikan disini,” tutur Wiwin Sumiati, Kamis (10/3).

Dalam acara workshop tersebut, selain para peserta diberikan pelatihan, DKP Jatim juga memberikan bantuan stimulan berupa benih ikan lele sebanyak 5000 ekor dan pakan ikan seberat 300 kg.

Diharapkan dalam pertemuan kali ini, dapat memberikan manfaat dan daya guna dalam meningkatkan produktivitas dan perekonomian bagi para pembudidaya ikan air tawar di Kota Kediri.by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close