PENDIDIKAN

MIN 2 Kota Kediri Jadi Pilot Project Madrasah Ramah Anak

satuwarta.id – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kota Kediri ditunjuk menjadi pilot project madarasah ramah anak. 

Saat menghadiri deklarasi madrasah ramah anak di sekolah tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Kediri, Ferry Djatmiko berharap madrasah bisa menjadi rumah kedua bagi para siswa.

” Tidak ada lagi kasus siswa tertekan karena perundungan atau bullying di sekolah,”  ujarnya, Selasa, (08/03/2022).

Ferry menambahkan, Kota Kediri memiliki sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Kota Kediri meraih predikat sebagai Kota Layak Anak Tingkat Madya.

“Sesuai arahan Bapak Walikota, anak-anak di Kota Kediri harus tumbuh dan bekembang dengan sempurna serta mendapat pendidikan yang bagus, memiliki lingkungan yang bersih, sehat serta dapat bermain. Alhamdulillah upaya tersebut membuahkan hasil mengantarkan Kota Kediri meraih predikat sebagai Kota Layak Anak Tingkat Madya,” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Muchdhar mengatakan pengembangan madrasah ramah anak mengacu pada SK dari Kementerian Agama tentang Penerapan Satuan Pendidikan Ramah Anak di Madrasah.

Dijelaskannya, Satuan Pendidikan Ramah Anak adalah suatu program kerjasama lintas Kementerian atau Lembaga yang mempunyai program berbasis satuan pendidikan, yang secara bersama-sama bertujuan melindungi kepentingan anak pada satuan pendidikan.

“Saat ini pemerintah memang sedang mencanangkan pendidikan ramah anak baik di sekolah maupun di madrasah. Sebagai orang tua dan pendidik tentu kita memiliki kewajiban mendidik dan menjadikan anak-anak kita generasi yang sholih dan sholihah,” terangnya.

Sementara itu, Kepala MIN 2 Yuniati Rahayu Choiriyah mengungkapkan, sebagai upaya mensukseskan deklarasi tersebut pihaknya telah menyiapkan sejumlah program. by

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close