BERITA PILIHAN

Banyak Manfaat Untuk Petani, Bupati Kediri Minta Budidaya Mina Padi Diperluas

satuwarta.id – Potensi besar pengembangan pertanian lewat sistem Minapadi menjadi salah satu pilihan untuk memaksimalkan hasil tanah sawah. Dengan satu kawasan menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas pertanian sekaligus, hasil keuntungan yang didapat pun meningkat.

Dengan keuntungan besar itu, kedepannya setiap kecamatan di Kabupaten Kediri memiliki setidaknya satu kawasan budidaya Mina Padi. Hal itu diungkapkan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat Panen Perdana Program Percontohan Mina Padi bersama Kelompok Tani Subur II Jenon, Desa Sambirejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Rabu, (03/11/2021).

“Saya berharap di seluruh kecamatan, Kabupaten Kediri ini sudah harus punya satu program percontohan mina padi. Walaupun sebenarnya ini agak terlambat. Ini seharusnya sudah dilakukan dari beberapa tahun yang lalu tapi enggak apa-apa dibanding tidak melakukan sama sekali. Jadi saya berharap dalam waktu satu tahun ke depan atau dua tahun ke depan kita punya PR program mina padi ada di seluruh Kecamatan di Kabupaten Kediri, ” tukas Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana.

Bupati mengatakan dari budidaya mina padi ini dapat menambah penghasilan petani dari panen ikannya, kurang lebih sebesar Rp 19 juta per hektare dengan kepadatan ikan 10-15 ekor per meter. Saat ini ada total 20 hektar lahan di Kabupaten Kediri yang membudidayakan Mina Padi. Dimana setiap panen, hasil panen bisa mencapai 1,8 ton.

“Potensinya cukup besar. Kita harus optimis pola mina padi ini bisa dikembangkan dan bisa berhasil dengan baik yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambah Bupati Kediri.

Selain itu juga memberikan manfaat lain seperti pengelolaan air yang lebih efisien dan rendah serangan hama. Dalam kesempatan itu, selain memanen sendiri Ikan nila hasil budidaya Mina Padi, Bupati juga menyempatkan diri memantau wilayah pertanian di sekitar area budidaya Mina Padi.

Sementara itu untuk para petani yang belum mendapatkan program pendampingan budidaya mina padi untuk bersabar mengikuti rangkaian proses yang telah ditetapkan Dinas Perikanan. “Kepada seluruh petani di Kabupaten Kediri yang ingin mendapatkan program mina padi, tolong ikuti saja kualifikasi atau SOP yang telah ditetapkan,” tuturnya. (Adv)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close