News Feed

Antisipasi Dini Hama Wereng, DKPP-Petani Manfaatkan Agensia Hayati

satuwarta.id – Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian ( DKPP ) Kota Kediri melakukan langkah antisipasi cepat setelah melakukan temuan hama wereng batang coklat di kelurahan Ngampel dan Gayam, Kecamatan Mojoroto

“Dari temuan yang kita dapati, meski tidak banyak tapi tetap harus diwaspadai. Saat ini kami bersama para petani hendak melakukan pengendalian dengan memanfaatkan agen hayati untuk mengendalikan populasi dari wereng batang coklat ini” ungkap Mohamad Ridwan, Kepala DKPP Kota Kediri, Selasa, (29/6).

Menyikapi hal tersebut DKPP bersama para petani yang tergabung dalam 2 kelompok tani kelurahan Ngampel dan 1 kelompok tani kelurahan Gayam, melakukan aksi gerakan pengendalian dengan menggunakan Agensia Hayati. “Sebisa mungkin kita minimalisir penggunaan pestisida kimia,” tandas Ridwan.

Sementara itu, Ita Sachariani, Kepala Bidang Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, DKPP Kota Kediri menjelaskan tentang penanganan menggunakan agensia hayati ini dengan memanfaatkan peran dari musuh alami hama yang berupa mahkluk hidup juga. Adapun jenis agen hayati yang digunakan pada gerakan pengendalian yang dilakukan di hamparan padi di Kelurahan Ngampel dan Kelurahan Gayam adalah menggunakan organisme jamur.

“Pestisida dengan agen hayati ini memanfaatkan organisme dan mikro organisme seperti bakteri, virus yang membantu mengendalikan hama-hama yang membahayakan tanaman sehingga menimbulkan kerusakan pada tanaman,” terang Ita.

Sementara itu, Laila Isti Kasi Perlindungan Tanaman DKPP Kota Kediri menjelaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan monitoring dan pembinaan kepada para petani, yang merupakan ujung tombak dari pertanian di Kota Kediri serta secara rutin melalui para penyuluh tanaman setempat, setiap minggunya aktif melakukan monitoring pada persawahan mulai Senin hingga Jum’at.

“Senin-Selasa kita diwilayah Kecamatan Mojoroto, Rabu di Kecamatan Kota, dan Kamis-Jum’at di Kecamatan Pesantren,” pungkasnya.bby

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close