BERITA PILIHAN

Sukses Digelar Virtual, 8th Kediri Betta Contest Sabet 2 Rekor MURI

satuwarta.id – Perhelatan puncak 8th Kediri Betta Contest Piala Mas Bup Kediri 2021 berlangsung pada Minggu, (26/06/2021). Total ada lebih dari 2408 ekor ikan ikut ambil bagian dalam 75 kelas yang dilombakan. Juara umum, diraih tim Bajul Joget dari Surabaya.

Dari kontes ini, Diharapkan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana nantinya bisa muncul varian cupang khas Kabupaten Kediri.

” Kontes Ini bukan hanya kemegahan atau hadiah mobilnya, tapi lebih kepada bagaimana para penggiat cupang bisa membuat genetik ikan cupang itu asli kabupaten Kediri. Jadi cupang alam diambil diopeni (dirawat) , dibreeding, dicrossing genetiknya sampai menemukan genetik terbaik. Saya harapkan cupang berikutnya ada kelas untuk wild betta atau cupang alam, tukas Mas Bup, sapaan akrab Bupati Kediri Hanindhito Himawan, Minggu, (27/06/2021).

Mas Bup juga menuturkan Cupang merupakan salah satu ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi di Kabupaten Kediri bersama lele dan ikan Koi. Populasi ikan cupang sendiri mencapai 140 juta ekor ikan, dan nilai ekonomis lebih dari Rp 40 miliar.

Event 8th Kediri Betta Contest Piala Mas Bup Kediri 2021 sendiri digelar dengan protokol kesehatan ketat. Yang diijinkan masuk area kontes hanya para handler. Sedangkan owner ikan tersebut, dapat melihat berlangsungnya kontest via daring.

Yakni di ig kediribettaclub dan channel youtube Dinas Perikanan Kabupaten Kediri secara nonstop. ” Kita batasi dan semua yang masuk ke dalam convention hall sudah melalui tahapan swab antigen, ” tukas Mas Bup lagi.

Dalam kesempatan itu, Mas Bup juga menerima penghargaan Museum Rekor Indonesia untuk dua rekor yang diciptakan lewat 8th Kediri Betta Contest Piala Mas Bup Kediri 2021. Even ini memecahkan rekor MURI dalam kategori kontes ikan cupang dengan jumlah ikan terbanyak, yang sebelumnya dipegang kontes cupang di padang dengan jumlah ikan 1440 ekor.

Rekor kedua adalah kontes dengan hadiah terbanyak, dimana kontes ini menghadirkan total hadiah sebesar 196.750.000 juta.

” 2 rekor dipecahkan. Kabupaten Kediri memecahkan rekor Kontes ikan cupang dengan peserta terbanyak dan hadiah terbanyak. Kami telah verifikasi ulang, hitung manual menghasilkan 2457 ikan cupang ” ujar Customer Relation Manager MURI Andre Purwandono.

Sementara itu sang juara umum, Bajul Joget yang membawa 400 lebih ekor ikan cupang berhak membawa hadiah utama, 1 unit mobil.

Nanda Panji yang mewakili Bajul Joget menyebut , pihaknya melakukan persiapan dua minggu untuk kontes tersebut.

” Kita tidak menyangka, mungkin ini namanya bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, ” kata Nanda, yang juga sudah sering mengikuti kontes cupang sebelumnya. bby

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close