News Feed

RPH Kota Kediri Sulap Limbah Jadi Pupuk Organik

satuwarta.id – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri, UPTD Rumah Potong Hewan (RPH), Kelurahan Pojok bersama warga sekitar pada Jum’at (25/6/2021) melakukan panen kangkung. Panen itu bukan panen biasa, pasalnya pupuk untuk kebun kangkung itu merupakan hasil penggunaan pupuk organik dari rumen, limbah sapi potong.

” Kami berhasil memanen kangkung bersama warga sekitar, hasil pemanfaatan limbah rumen sapi dari pemotongan yang kita lakukan setiap harinya,” ungkap Hariyanto, Kepala UPTD RPH Kota Kediri.

Dijelaskan Hariyanto, rumen merupakan kotoran yang ada di dalam usus sapi yang dibedah dan dikeluarkan saat mekakukan pemotongan. “Biasanya masih bercampur dengan rumput juga, itu kita ambil kita kumpulkan dan kita proses hingga menjadi pupuk organik yang digunakan saat ini,” terangnya.

Sebelumnya, limbah rumen tersebut dibuang begitu saja ke pembuangan akhir. Hal ini menimbulkan bau yang seringkali meresahkan warga. Menyikapi hal tersebut UPTD RPH Kota Kediri berinisiatif untuk menyulapnya menjadi pupuk organik. Proses pengolahan limbah basah hingga menjadi pupuk organik siap pakai membutuhkan waktu sekitar tiga minggu.

“Kita kumpulkan dalam bak bak besar yang sudah kita siapkan, kita tutup terpal dan kita diamkan begitu saja, sekitar kurang lebih tiga minggu pupuk organik bisa kami gunakan untuk penanaman kangkung yang kita lakukan pada tanggal 5 Juni 2021 lalu.Kita juga sedang melakukan uji coba lagi, dengan memasukkan limbah-limbah tersebut kedalam karung yang sebelumnya telah dicampur dengan tetes tebu dengan harapan proses penguraian limbah menjadi pupuk ini bisa lebih cepat lagi” terangnya.

Sementara itu, Mochamad Ridwan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Pemerintah Kota Kediri sangat mengapresiasi hasil kerja keras UPTD RPH Kota Kediri dalam mengelola limbah. Ia juga mengatakan, kangkung hasil panen tersebut bisa dinikmati oleh warga sekitar secara gratis sebagai salah satu bentuk kompensasi keberadaan RPH di lingkungan mereka.

Tidak hanya itu, Hariyanto juga menyilahkan bagi warga sekitar, masyarakat Kota Kediri yang ingin menggunakan kompos, pupuk organik hasil limbah pemotongan hewan dapat menggunakannya secara gratis. “Silahkan bisa langsung datang ke UPTD RPH Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, ” tukasnya. bby

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close