News Feed

Waspada Pohon Tumbang, Tingkatkan Survei kelayakan pohon

satuwarta.id – Kota Kediri selama beberapa hari terakhir dilanda hujan dengan intensitas cukup tinggi. Sebagai langkah antisipasi, DLKHP Kota Kediri secara rutin menyurvei dan melakukan pemeliharaan serta perampasan pada pohon. Survei kelayakan pohon dilakukan di seluruh jalur protokol dan arteri Kota Kediri.

Ratusan pohon dicek mulai dari fisik batang pohon, keberadaan pohon, dan keamanan pohon. “Biasanya kami mengecek apakah batang pohon dimakan rayap, apakah mengganggu teras rumah atau jaringan listrik, serta menghalangi lampu jalan raya atau tidak,” tukas Kabid Pertamanan dan Tata Lingkungan DLHKP Kota Kediri Datik Indrijaswati. Selain itu, survei juga berdasarkan permohonan dari warga Kota Kediri. Warga mengajukan ke kantor DLHKP dan mengisi formulir yang ada.

DLHKP Kota Kediri memiliki tim Ruang Terbuka Hijau yang menjadi ujung tombak, dan dibagi menjadi 3 tim untuk tiap kecamatan. “Ini dilakukan untuk mengurangi resiko pohon tumbang atau batang patah,” jelasnya. Meskipun begitu, ia tetap tidak menutup kemungkinan kejadian alam di luar kendali. “Kami tetap standby untuk antisipasi ketika ada pohon yang roboh,” tambahnya.

Saat ini, Kota Kediri memiliki ruang terbuka hijau publik seluas 18,5% dari target 20% luas area Kota Kediri. bby

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close