News Feed

Peringatan Bulan Bung Karno, Bentuk Penghormatan Pemkab Kediri Untuk Proklamator Bangsa

satuwarta.id – Memperingati Bulan Bung Karno, Pemerintah Kabupaten Kediri selama dua hari berturut-turut yakni 20-21 Juni 2021 menggelar pentas seni budaya bertajuk Budaya Pemersatu Bangsa.  kegiatan ini turut  digelar secara virtual melalui channel  Youtube Dhito Pramono, Dinas Kominfo Kabupaten Kediri serta Live Instagram Mas.Bup.

Bulan Juni didapuk sebagai bulan Bung Karno karena bertepatan dengan bulan kelahiran dan juga bulan wafatnya Presiden pertama republik Indonesia, Ir Soekarno. Bapak pendiri bangsa itu lahir pada 6 Juni 1901, dan wafat pada 21 Juni 1970.

” Jadi tidak ada salahnya Pemerintah Kabupaten Kediri memberikan penghormatan kepada proklamator bangsa,” ujar Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dalam sambutannya di puncak pentas seni Budaya Pemersatu Bangsa, Senin, (21/06/2021).

Bupati muda yang akrab disapa Mas Bup ini berharap peringatan Bulan Bung Karno lewat pentas seni dan budaya ini bisa merajut kembali beberapa hal yang selama pandemi,  mungkin terpisah-pisah. ” Kita merajut lagi dengan berbudaya, ” kata Mas Bup, ditemui usai menghadiri acara yang digelar di Convention Hall Simpang Lima Gumul itu.

Mas Bup menambahkan, Pemkab Kediri juga  tengah menggodok aturan bagi ASN untuk memakai batik dengan motif khas Kabupaten Kediri di hari tertentu, untuk memupuk kecintaan akan budaya asli Kediri.

“Sedang kita rapatkan antara hari rabu atau kamis itu nanti kita akan mewajibkan seluruh ASN untuk menggunakan batik dengan motif khas Kediri.  Kediri punya motif khas seperti batik Panji, Simpang Lima, Nanas dan sebagainya.  Banyak motif kita sedang pilih mana yang betul-betul menjadi khas Kediri, ” tukas Mas Bup Dhito. bby

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close