News Feed

Dukung Disabilitas Jadi Wirausaha Mandiri Lewat Pelatihan

satuwarta.id – Puluhan penyandang disabilitas dari Kota dan Kabupaten Kediri mengikuti pelatihan kewirausahaan Jadi Pengusaha Mandiri (JAPRI) People With Dissability (PWD),

Pelatihan yang digelar di Aula Dinas Sosial Kota Kediri, Senin (14/6), merupakan program dari HDWI Provinsi Jawa Timur yang bekerjasama dengan USAID. Pelatihan ini berpusat di 5 daerah, yaitu Kota Kediri, Blitar, Trenggalek, Malang dan Surabaya.

Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Kota Kediri, Munawaroh menuturkan sebagian besar penyandang sudah memiliki usaha dan disini mereka mendapatkan pelatihan untuk mengembangkan usahanya.

“Mereka diarahkan untuk membentuk pola pikir tentang tata cara pengembangan usaha agar lebih maju dan berkembang,” ujarnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 40 penyandang disabilitas ini dibagi menjadi 2 sesi. Dimana sesi pertama dilaksakan pada Senin (14/6) dan sesi kedua dilaksanakan pada hari Selasa (15/6). Masing-masing sesi diikuti oleh 20 orang. Hal ini dilakukan untuk mematuhi protokol kesehatan, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi covid-19.

Munawaroh menjelaskan bahwa pelatihan ini difokuskan tentang tata cara berbisnis dengan model canvas.

“Ada 9 step pada model canvas, yaitu keunggulan produk, target konsumen, strategi penjualan, hubungan dengan konsumen, sumber pendapatan, sumber utama, aktivitas utama, mitra utama dan struktur biaya,” terang wanita yang juga menjabat sebagai Field Officer (FO) JAPRI-PWD wilayah Kediri.

Rubiah, salah satu penyandang disabilitas yang memiliki usaha catering merasa senang dengan adanya pelatihan kewirausahaan ini.

“Semoga nantinya dengan pelatihan dan ijin usaha catering saya semakin banyak banyak pesanan dan perekonomian keluarga saya semakin baik,” tukas warga Kelurahan Tosaren ini.

Acara ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Kediri, terutama Dinas Sosial. Dukungan juga datang dari DPMPTSP Kota Kediri, dimana mereka dibantu dalam pengurusan ijin usaha.

“Ini merupakan kesempatan berharga bagi penyandang disabilitas untuk bisa menjadi pengusaha mandiri dan berkembang,” ujar Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Kota Kediri, Luluk Nita Kumala. bby

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close