NASIONAL

Kapolri-Panglima TNI Pantau Langsung Pelaksanaaan Vaksinasi Massal di Bangkalan

satuwarta.id – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memantau langsung pelaksanaaan vaksin massal di Bangkalan, Madura  Sabtu (12/06/2021). Tak hanya itu saja, Kapolri dan Panglima juga melaksanakan rapat koordinasi dengan forkopimda kabupaten Bangkalan untuk mengetahui perkembangan penyebaran virus corona di kabupaten Bangkalan.

Setelah mendengar pemaparan bupati Bangkalan perihal perkembangan covid-19, Panglima TNI dan Kapolri juga memimpin Apel Gelar Pasukan Penanganan Covid-19 di Alun Alun Kota Bangkalan.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI menerangkan ada dua hal utama yang diterapkan untuk menekan angka penyebaran covid-19 di Bangkalan.

“Yang pertama adalah tingkatkan sosialisasi dan penegakan prokes kepada masyarakat tetap menggunakan masker. Karena dengan pemakaian masker, melindungi kita dan juga orang orang disekitar kita. Oleh karena itu, kedepan TNI-Polri akan diterjunkan ke tempat tempat khusus untuk mengawasi kegiatan masyarakat dalam mematuhi 5M. Yang kedua yakni mengoptimalkan kembali fungsi PPKM mikro. PPKM Mikro ini pun akan dipergunakan sebagai tracing kontak erat setelah dinkes bangkalan memberikan informasi terkait pasien covid-19. Dan setelah itu, kita akan lakukan isolasi mandiri. Selama proses Isolasi Mandiri, seluruh hal yang berkenaan tersebut akan diipatgandakan untuk mendukung suksesnya PPKM Mikro di kabupaten Bangkalan termasuk mengerahkan babinsa dan bhabinkamtibmas serta logistik,” terang Panglima TNI.

Kapolri juga menegaskan jika kedepan PPKM Mikro akan terus dioptimalkan, karena ledakan covid-19 harus segera diakhiri.

“Ledakan tinggi kasus covid-19 di kabupaten Bangkalan memang harus segera diakhiri oleh kita semua. Oleh karena itu, tingkat kepatuhan mematuhi protokol kesehatan 5M untuk pencegahan dini dan juga swab antigen bagi semua lapisan masyarakat. Dari hasil swab antigen nanti akan diketahui siapa saja yang terkonfirmasi positif covid-19. Setelah itu, langkah selanjutnya melakukan isolasi mandiri dan melakukan rujukan ke Rumah Sakit rujukan agar bisa segera ditangani lebih lanjut,” tutur Kapolri.

Rapat ini dihadiri langsung oleh Kapolda Jatim Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, M dan juga jajaran forkopimda kabupaten Bangkalan mulai dari Bupati Bangkalan Raden Abdul Latif Amin Imron,  Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto, Dandim 0829 Letkol Kav Ari Setyawan Wibowo. bby

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close