News Feed

Pelaksanaaan Prodamas Plus Bakal Didampingi 66 Petugas LP2M UM

satuwarta.id – Untuk menjaga agar pemberdayaan masyarakat tetap terarah, pelaksanaaan  Prodamas Plus tahun 2021 Pemerintah Kota Kediri menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang.

Akan ada 66 tenaga pendamping yang akan bertugas mendampingi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban.

66 tenaga pendamping tersebut meliputi 3 koordinator pendamping kecamatan, 30 orang tenaga pendamping infrastruktur, 15 orang tenaga pendamping ekonomi, 15 orang tenaga pendamping pemberdayaan masyarakat dan 3 staff pendukung yang ahli dibidangnya.  Tenaga pendamping ini akan mengawal jalannya Prodamas Plus disetiap kecamatan, kelurahan hingga RT.

“Rekrutmen ini dilaksanakan murni oleh LP2M Universitas Negeri Malang, Pemerintah Kota Kediri hanya bertindak sebagai fasilitator, jadi benar-benar dilakukan se-objektif mungkin,” tegas Paulus Budi Luhur, Kepala Bagian Pemerintahan, Pemerintah Kota Kediri, Kamis, (10/06/2021).

Diharapkan Paulus, Pelaksanaan Prodamas Plus tahun 2021 ini dapat lebih baik dari sebelumnya. Ia menargetkan pembangunan di 6 bidang (infrastruktur, ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan kepemudaan) dengan tiga bidang utama yakni Infrastruktur, Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat yang ada di Prodamas Plus Kota Kediri ini bisa tercapai seluruhnya.

“Dibandingkan tahun sebelumnya, tahun ini Prodamas Plus di fokuskan di tingkat Kelurahan untuk mengangkat potensi-potensi yang ada di setiap kelurahan,” terangnya.

Paulus mengatakan, kerjasama dengan LP2M Universitas Negeri Malang ini pun didasarkan pada track record dari universitas tersebut dalam menangani hal serupa  dengan Prodamas Plus. Adapun tenaga-tenaga pendamping ini nantinya juga diperkuat putra -putri daerah di Kediri yang memahami kondisi sosial kemasyarakatan yang ada di Kota Kediri.

“Mereka¬† (LP2M UM) telah berpengalaman dalam bidang pendampingan-pendampingan masyarakat di Provinsi Jawa Timur,” imbuhnya.

Pendaftaran pendamping Prodamas Plus ini ditutup pada tanggal 11 Juni 2021. Selanjutnya proses seleksi wawancara akan segera dimulai setelah proses administrasi dari para calon pendaftar telah terpenuhi.

“Seleksi wawancara akan dilakukan pada tanggal 14-15 Juni 2021 bertempat di kantor BKPPD Kota Kediri,” ungkap Paulus.

Inovasi ini disambut baik oleh setiap Kelurahan yang ada di Kota Kediri. Heru Sugiarto, Lurah Ngronggo Kota Kediri mengatakan bahwa hal ini sangat dinanti-nantikan.

“Bagus, memang diperlukan pendampingan bagi masyarakat dalam pelaksanaan Prodamas Plus ini, sehingga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan dan diprioritaskan,” ungkap Heru, Kamis, (10/6).bby

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close