News Feed

Lambang Garuda-Sejarah Kota Kediri Miliki Hubungan Erat

satuwarta.id – Lambang garuda memiliki hubungan erat dengan sejarah Kediri. Hal itu diungkapkan Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni lalu.

Kota Kediri memang memiliki artefak dan situs kuno yang menunjukkan ada relief dan lambang garuda. Seperti, arca Raja Airlangga yang mengendarai garuda di depan Museum Airlangga. Ada juga lambang burung garuda yang terdapat di empat sisi umpak situs Setono Gedong.

Kepala Disbudparpora, Nur Muhyar, menjelaskan lambang ataupun simbol-simbol dari kerajaan terdahulu tersebut yang memberikan inspirasi bagi lambang pemerintahan, khususnya di Kota dan Kabupaten Kediri.

“Pada masa kerajaan Sri Aryeswara digunakan lencana atau simbol Dewa Ganesha. Ini kemudian yang digunakan sebagai simbol Kabupaten Kediri. Untuk (lambang) Pemerintah Kota Kediri, simbol pemerintahannya merujuk pada Raja Airlangga, karena menyerupai Garuda,” tuturnya.

Sementara itu staf Sejarah dan Kepurbakalaan, Disbudparpora Kota Kediri, Dwi Aris Setiawan menjelaskan, Garuda memiliki sejarah yang panjang, khususnya di Tanah Air.

“Kerajaan Kahuripan memiliki lambang burung garuda, sebelum kerajaannya tersebut dibagi menjadi dua, Kediri dan Jenggala. Raja Airlangga sendiri dianggap sebagai titisan Batara Wisnu yang kendaraannya adalah Garuda Wisnu Kencana. Jadi jauh sebelumnya, lambang Garuda telah digunakan oleh Kerajaan Kahuripan,” ungkap Dwi Aris. (bby)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close